Cara Membuat Tabel di Word

Siska Permata Sari · Selasa, 02 Maret 2021 - 21:08:00 WIB
Cara Membuat Tabel di Word
Cara Membuat Tabel di Word (Foto: Microsoft)

JAKARTA, iNews.id - Cara tabel di Word atau Microsoft Office Word sangat mudah. Cara ini perlu Anda ketahui apabila ingin menyisipkan tabel di dokumen Anda yang dibuat di Microsoft Office Word.

Microsoft Word atau Microsoft Office Word atau merupakan perangkat lunak pengolah kata yang mudah digunakan pengguna. Pertama diterbitkan pada 1983, kini Microsoft Word telah berkembang dengan ragam fitur yang semakin memudahkan pengguna.

Termasuk cara membuat tabel di Word yang tidaklah sulit. Tabel sendiri berfungsi memudahkan pengguna dalam membaca data secara sistematis. Selain itu tabel juga berfungsi untuk memberikan informasi mengenai perubahan yang terjadi pada suatu data.

Untuk membuat tabel di Word, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah-langkah sederhana.

Bagaimana cara mengubah tabel di Word? Simak langkah-langkahnya berikut ini:

Cara membuat Tabel di Word

Berbeda dengan membuat tabel di Microsoft Excel, aplikasi Word membutuhkan langkah-langkah sederhana untuk membuat tabel dokumen kosong. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pertama, Anda perlu menempatkan kursor teks di dalam lembar kerja atau dokumen yang akan ditambahkan tabel.

2. Pilih tab insert pada bagian atas, tepatnya dekat dengan tab Home.

3. Kemudian, pilih menu Table.

4. Setelah diklik menu Table, maka akan tampil menu drop-down.

5. Lalu, Anda bisa mengisi menu berupa kotak-kotak.

6. Seret dengan kursor mouse sesuai dengan baris yang kamu inginkan.

7. Jangan lupa, sesuaikan juga jumlah kotak sesuai yang Anda butuhkan.

8. Jika kolom atau kotak sudah sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa melepaskan tarikan Anda pada kursor. 

9. Voila! Tabel pun sudah siap digunakan.

Cara mengisi Tabel

1. Untuk mengisi tabel, Anda hanya perlu menempatkan kursor ke dalam kolom atau tabel. 

2. Setelah itu, isi tabel dengan kata yang Anda inginkan atau butuhkan.

3. Jika Anda ingin mengisi kotak yang lainny, pindahkan kursor untuk menulis dengan menggunakan tombol Tab. Anda bisa juga menggunakan tombol panah yang ada pada keyboard.

Menambahkan Tabel di Word

Jika Anda merasa tabel yang Anda buat kurang, jangan khawatir. Anda bisa menambahkan tabel sesuai keinginan Anda hanya dalam beberapa langkah sederhana:

1. Klik tanda plus di sisi kiri atau kanan tabel terakhir. 

2. Dengan mengkliknya, maka tabel pun akan secara otomatis ditambahkan.

3. Atau, tabel bisa juga ditambahkan dengan cara mengklik tombol kanan pada tabel yang sudah dibuat. Setelah itu, silahkan pilih Insert.

4. Pilih Insert Rows Below.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2