Cara Pintar Kirim Foto lewat WhatsApp Tanpa Mengurangi Kualitas

Dini Listiyani ยท Senin, 19 Agustus 2019 - 07:01:00 WIB
Cara Pintar Kirim Foto lewat WhatsApp Tanpa Mengurangi Kualitas
Ilustrasi WhatsApp (Foto: Android Pit)

JAKARTA, iNews.id - WhatsApp menggunakan kompresi yang sedikit agresif saat mengirim foto. Alhasil, tak jarang gambar yang dikirim melalui WhatsApp mempunyai kualitas foto yang tidak begitu baik.

Namun, jangan khawatir terlebih dulu. Beruntung, ada cara untuk 'mengelabui' kompresi WhatsApp saat mengirim foto ke kontak tanpa harus mengunduh aplikasi pihak ketiga atau menggunakan platform perpesanan lain.

Trik yang sama dapat diimplementasikan di Android dan iOS. Dan, berikut ini panduannya yang dirangkum iNews.id dari Android Pit, Senin (19/8/2019).

Kirim Foto tanpa Kompres di Android
Proses untuk mengirim foto tanpa kompres lebih sederhana bagi pemilik smartphone Android. Metode pengiriman foto dalam kualitas original ke satu atau lebih kontak adalah untuk mengubah ekstensi gambar itu sendiri.

Seperti yang diketahui, WhatsApp dapat mendukung pengiriman dokumen, yang ditransfer tanpa kompres. Nah, Anda bisa menggunakannya dan berikut langkahnya:
1. Pergi ke file manager dan cari gambar yang ingin dikirim.
2. Rename foto dengan mengubah file extention ke .doc.
3. Kirim dokumen kamuflase ke kontak WhatsApp Anda.
4. Sementara itu, orang yang Anda dikirimkan gambar harus melakukan yang sebaliknya yakni download file, open file manager, dan ubah ekstensi menjadi .jpg.

Mengirim pesan Foto Tanpa Kompres di iOS
Untuk perangkat berbasis iOS, cukup save atau share foto Anda melalui aplikasi File. Anda dapat memilih dari folder apa pun yang ada di perangkat Anda atau bahkan dari akun iCloud.

Setelah Anda menyimpan gambar, buka WhatsApp dan send 'document' (jangan select Photo atau lainnya) menggunakan ikon plus (+) di sebelah kiri. Anda akan melihat daftar file dan juga gambar yang disimpan sebelumnya yang akan dikirim sebagai dokumen yang tidak terkompresi.

Alternatif
Tentu saja ada banyak opsi pihak ketiga yang memungkinkan Anda untuk berbagi link ke original file di WhatsApp. Misalnya Dropbox, Evernote, Google Photos).

Kendati demikian, bila Anda tidak ingin menginstal aplikasi baru atau register lagi untuk layanan ini, metode di atas bisa dicoba.

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel: