Chrome Extension Terbaru Bantu Pengguna Laporkan Websites Mencurigakan

Dini Listiyani ยท Kamis, 20 Juni 2019 - 06:45 WIB
Chrome Extension Terbaru Bantu Pengguna Laporkan Websites Mencurigakan

Chrome extension terbaru bantu pengguna laporkan websites mencurigakan (Foto: Ubergizmo)

MOUNTAIN VIEW, iNews.id - Google meluncurkan extension baru untuk pengguna Chrome. Melalui extension ini, pengguna bisa melaporkan websites yang mereka anggap mencurigakan.

Google tidak benar-benar menghapus websites apa pun. Tapi, dengan sistem pelaporan ini, Google bisa menghapusnya dari hasil pencarian, jadi kecil kemungkinannya pengguna akan mengklik tautannya.

Melihat seberapa besar Google, tidak diragukan setiap perubahan yang mereka lakukan bisa dan akan berdampak pada websites.

"Dengan mengklik ikon, Anda sekarang bisa melaporkan situs yang tidak aman ke Safe Browsing untuk evaluasi lebih lanjut. Bila situs ditambahkan ke Safe Browsing, Anda tidak hanya melindungi pengguna Chrome, tapi user browser lain dan di seluruh web," kata Google seperti dikutip dari Ubergizmo, Kamis (20/6/2019).

Extension baru yang disebut Site Reporter bisa diunduh dan diinstal melalui Chrome Web Store. Pengguna yang tidak bisa terbiasa dalam menggunakan extension Chrome, bisa melihat panduannya.

Langkah baru yang diambil Google bisa menjadi opsi keamanan baru bagi pengguna. Mengingat, tidak semua websites yang dikunjungi di internet aman seluruhnya.

Beberapa website berisi iklan dan konten yang tidak asli. Bahkan, ada juga sejumlah websites berisi malware yang siap untuk menginfeksi komputer yang mereka kunjungi.


Editor : Dini Listiyani