Chrome Uji Fitur Eksperimental untuk Kurangi Penggunaan Energi

Dini Listiyani ยท Senin, 06 Juli 2020 - 10:13 WIB
Chrome Uji Fitur Eksperimental untuk Kurangi Penggunaan Energi

Google Chrome (Foto: Pixabay)

MOUNTAIN VIEW, iNews.id - Chrome dikenal memakan baterai, terutama jika pengguna cenderung membuka banyak tab. Tapi, Google tampaknya siap untuk memperbaikinya.

TheWindowsClub (TWC) memahami fitur eksperimental di Chrome 86 akan mengurangi penggunaan energi dengan mematikan pengatur waktu dan pelacak JavaScript yang tidak perlu saat tab ada di background. Penghematan bisa signifikan dalam situasi yang tepat.

Google kabarnya menghemat dua jam masa pakai baterai dalam pengujian dengan 36 tab background dan satu tab foreground kosong. Keuntungannya tidak cukup terasa saat memutar video YouTube.

Tapi, tes yang lebih intensif masih menambahkan waktu sekitar 36 menit runtime, sebagaimana dilaporkan Engadget, Senin (6/7/2020). Menurut TWC, fitur hanya tersedia sebagai flag di Chrome 86 build awal.

Tidak ada jaminan fitur akan siap pada saat Chrome versi baru untuk diadopsi secara massal. Selain itu, ada kemungkinan fitur juga dapat dihapus oleh Google sebelum sempat meluncur ke publik.

Namun jika dikirimkan, fitur bisa mengatasi keluhan umum di antara pengguna laptop. Untuk diketahui, Chrome bukan hanya dikenal boros baterai, tapi juga melahap banyak memori.

Beruntung, di masa depan masalah Chrome akan diperbaiki. Chrome dapat menjadi sedikit memakan memori di komputer Windows 10 berkat pembaruan yang didorong Microsoft ke Windows dalam bentuk SegmentHeap.

Editor : Dini Listiyani