Facebook Disebut Akan Luncurkan Kacamata Pintar Tahun Depan

Siska Permata Sari ยท Jumat, 18 September 2020 - 15:05 WIB
Facebook Disebut Akan Luncurkan Kacamata Pintar Tahun Depan

Facebook disebut akan luncurkan kacamata pintar tahun depan. (Foto: Theverge)

JAKARTA, iNews.id - Tak cukup menguasai media sosial, Facebook berencana meluncurkan kacamata pintar pada tahun depan. Hal itu diungkapkan bos Facebook Mark Zuckerberg saat pembukaan konferensi Facebook Connect yang serba virtual.

Perusahaan teknologi raksasa itu mengungkap, produksi kacamata pintar tersebut akan berkolaborasi dengan merk ternama, Ray-Ban.

Belum jelas tentang spesifikasi lengkapnya, tetapi Facebook telah mengonfirmasi kepada The Verge bahwa perangkat tersebut tidak akan diklasifikasikan sebagai perangkat AR, dan tidak akan memiliki tampilan terintegrasi dalam bentuk apa pun.

Kemungkinan, produk kacamata pintar Facebook tersebut akan mirip atau serupa dengan Snap Spectacles atau mungkin Amazon's Echo Frames.

Facebook mengatakan, kacamata pintar ini akan menjadi satu langkah dalam keseluruhan pekerjaannya pada AR, yang sekarang mencakup prototipe penelitian eksperimental yang disebut Project Aria.

Mulai bulan ini, Facebook mengungkap bahwa perusahaan akan mulai menguji Aria di dunia nyata dengan menggandeng karyawan dan kontraktor Facebook untuk menyelesaikan masalah terkait privasi, perekaman video, dan desain.

“Kami bersemangat menjelajahi perangkat yang dapat memberi pengguna cara yang lebih baik untuk terhubung dengan orang terdekat mereka. Perangkat yang bisa dipakai berpotensi melakukan itu,” kata Andrew Bosworth selaku Wakil Presiden Facebook untuk Divisi Reality Labs, seperti dikutip dari The Verge, Jumat (18/9/2020).

“Dengan EssilorLuxottica, kami memiliki mitra yang sama ambisiusnya dan mereka akan meminjamkan keahlian serta katalog merek kelas dunia ke kacamata pintar pertama yang benar-benar modis,” katanya.

Editor : Tuty Ocktaviany