Facebook Instant Games Bakal Alami Perubahan Besar

Dini Listiyani ยท Minggu, 28 Juli 2019 - 10:00 WIB
Facebook Instant Games Bakal Alami Perubahan Besar

Facebook Instant Games akan diintegrasikan dengan Messenger. (Foto: Slash Gear).

MENLO PARK, iNews.id - Facebook telah meluncurkan inisiatif bernama Instant Games pada 2016 lalu. Ada beberapa keberhasilan yang diraih saat Instant Games diintegrasikan dalam Messenger.

Berkat integrasi dengan Messenger, game memungkinkan pengguna memulai pertandingan dengan orang lain dalam grup chat Anda. Namun, sebagai upaya menjadikan Messenger lebih ringa, Facebook akan memindahkan Game Instant ke rumah baru.

Awal tahun ini, Facebook mengumumkan Gaming Tab, yang bertujuan mempermudah penemuan dan bermain game di platform. Nah, Facebook berencana untuk segera memindahkan Messenger's Instant Game ke Gaming Tab.

"Migrasi sesi gameplay kami akan terjadi dalam beberapa tahap. Mulai akhir musim panas ini, Instant Games tidak lagi bisa dimainkan di Messenger versi baru iOS," kata Facebook seperti dikutip dari Minggu (28/7/2019).

Untuk memastikan transisi berjalan mulus, Facebook mengatakan, pemain di Messenger akan terus mengakses game melalui thread update dan chat bots. Sedangkan gameplay akan beralih ke Facebook.

Usaha untuk membuka Instant Game lewat Facebook tampaknya akan menghadapi pro dan kontra. Oleh karena itu, selama transisi Facebook akan mengumpulkan feed back dari komunitas.

Selain itu, Facebook juga akan berusahan menjaga kesehatan game dengan cara pemain tetap di loop petunjuk langkah demi langkah. Apakah usaha baru Facebook akan berimbas pada penurunan jumlah pemain sejauh ini masih harus dilihat.


Editor : Adhityo Fajar