FaceID dan TouchID Bakal Hadir ke Safari untuk Bantu Cegah Phishing

Dini Listiyani ยท Kamis, 25 Juni 2020 - 11:15 WIB
FaceID dan TouchID Bakal Hadir ke Safari untuk Bantu Cegah Phishing

Teknologi biometrik FaceID (Foto: Apple)

CUPERTINO, iNews.id - FaceID dan TouchID telah digunakan sejumlah aplikasi untuk mencegah akses tidak sah. Kali ini, keamanan iPhone tersebut akan digunakan untuk login ke Safari.

Dukungan FaceID dan TouchID segera datang ke website yang menerapkan Web Authentication API. Dengan kata lain, di masa depan, Anda dapat masuk ke website di perangkat iOS menggunakan FaceID atau TouchID untuk autentikasi diri Anda.

Penggunaan autentikasi akan membuat pengguna lebih cepat masuk ke website dan mereka tidak perlu mengingat detail login. Apple menggunakan Keychain iCloud untuk membantu menyimpan password dan dapat mengisi informasi itu atas nama pengguna setiap kali mereka masuk ke website.

Artinya, pengguna harus menggunakan Keychain iCloud untuk menyimpan kredensial mereka. Apple juga membanggakan, dengan menggunakan FaceID atau TouchID akan membantu mencegah phishing.

"Safari hanya akan mengizinkan kredensial publik yang dibuat oleh API ini digunakan di dalam website tempat mereka dibuat. Lalu, kredensial itu tidak akan pernah dapat di-export dari autentikator tempat mereka dibuat. Ini berarti, setelah kredensial publik diberikan, tidak ada cara bagi pengguna secara tidak sengaja mengungkapkannya kepada pihak lain," kata Apple yang dikutip dari Ubergizmo, Kamis (25/6/2020)

Seperti dijelaskan di atas, teknologi FaceID dan TouchID telah digunakan sejumlah aplikasi mengakses sesuatu yang tidak sah. Teknologi biometrik sudah digunakan untuk membuka aplikasi WhatsApp.

Jadi, saat pengguna WhatsApp ingin membuka aplikasi, mereka harus memberikan biometrik mereka untuk autentikasi. Alhasil, pengguna yang tidak sah tak bisa masuk ke aplikasi.

Editor : Dini Listiyani