Fitur Android Mirip AirDrop Akan Mendukung Chromebook

Dini Listiyani ยท Senin, 22 Juni 2020 - 12:17:00 WIB
Fitur Android Mirip AirDrop Akan Mendukung Chromebook
AirDrop (Foto: Apple)

MOUNTAIN VIEW, iNews.id - Android tengah menyiapkan fitur serupa AirDrop yang disebut Nearby Share. Fitur baru ini tampaknya tidak hanya diperuntukan untuk smartphone tapi juga platform lainnya.

Nearby Sharing dapat membuat pengguna Android secara langsung berbagi foto, link, dan file dengan perangkat lain. Cara kerjanya mirip dengan AirDrop yang bekerja di seluruh macOS dan iOS.

Sedangkan Nearby Sharing juga mulai muncul di pengaturan build Chrome OS Canary. Pengguna Twitter bernama @_dinsan membagikan temuannya ke media sosial.

“Nearby Sharing muncul di #chromebook settings,” cuitnya sambil menyertakan screenshot dari penampakan Nearby Sharing, yang dikutip dari The Verge, Senin (22//6/2020).

Untuk diketahui, Nearby Sharing awalnya disebut Fast Share. Menurut XDA Developers, jawaban Android atas AirDrop ini telah dikembangkan selama lebih dari setahun.

Fitur Nearby Sharing disinyalir akan tersedia melalui Google Play. Lalu, referensi dalam kode menyarankan fitur akan bekerja tidak hanya para perangkat seluler tapi juga Chromebook serta komputer lain yang terinstal Chrome.

Sebuah video yang dirilis XDA Developers yang dirilis awal tahun ini menujukkan Nearby Share/Sharing dimasukkan ke menu quick settings Android. Fitur berfungsi baik saat perangkat yang berbagi file berjarak satu sama lain.

Sejauh ini belum diketahui waktu debut Nearby Share. Namun, peluncuran diprediksi tidak akan terjadi terlalu lama mengingat jumlah laporan yang muncul.

Editor : Dini Listiyani