Game di App Store Terhubung dengan Server Penyebar Malware

Dini Listiyani ยท Senin, 07 Januari 2019 - 19:45 WIB
Game di App Store Terhubung dengan Server Penyebar Malware

iPhone (Foto: Phone Arena)

CUPERTINO, iNews.id - Beberapa game di App Store menimbulkan kekhawatiran. Sebab, game tersebut terhubung dengan server malware Golduck.

Beberapa aktivitas game yang meragukan menarik perhatian perusahaan keamanan digital Wandera. Sebagian besar merupakan game klasik atau retro yang berkomunikasi dengan server yang digunakan untuk menyebarkan malware, Golduck.

Golduck pertama kali ditemukan pada 2017 di Google Play Store dan digunakan untuk menginstal software pada smartphone pengguna. Pada akhirnya, software itu akan mengirim pesan teks SMS untuk menghasilkan pendapatan bagi pembuatnya.

Tidak ada kesalahan terdeteksi pada game App Store, server yang musuk daftar hitam hanya digunakan untuk menampilkan iklan yang berbeda. Para ahli menyatakan, iklan tersebut bisa diubah kapan pun menjadi sesuatu yang menyeramkan.

Menggali ke dalam aktivitas game, para peneliti memperhatikan permainan mengirimkan IP informasi lain yang tidak biasa soal perangkat tempat mereka dipasang. Saat mencoba menjangkau penerbit game, ditemukan informasi yang disedikan di App Store mengarah pada jalan buntu dan website tidak bisa ditemukan.

Apple diberitahu tentang game yang mencurigakan tersebut dan saat ini tidak ada yang muncul saat dicari di App Store. Ini merupakan kesempatan langka saat aplikasi berpotensi berbahaya muncul di ekosistem Apple yang terkenal sangat ketat.

Mengutip Phone Arena, Senin (7/1/2019), perusahaan pembuat iPhone ini memiliki rekam jejak yang cukup baik dalam segi keamanan software yang ditawarkannya.


Editor : Dini Listiyani