Google Duo Gulirkan Fitur Baru, Begini Cara Menggunakannya

Dini Listiyani ยท Rabu, 24 April 2019 - 15:11 WIB
Google Duo Gulirkan Fitur Baru, Begini Cara Menggunakannya

Google mengulirkan fitur baru untuk layanan video call, Google Duo. (Foto: iNews.id/Dini Listiyani)

JAKARTA, iNews.id - Google mengulirkan fitur baru untuk layanan video call, Google Duo. Setidaknya ada empat fitur yang dibawa ke Google Duo.

Empat fitur baru yang diperkenalkan Google Duo adalah Grup Video Call, Data Saving Mode, Duo for Web, dan Video Message. Cara menggunakan keempat fitur baru itu pun cukup mudah.

Pertama untuk fitur Grup Video Call. Cara memulainya adalah tentu saja dengan membuka aplikasi Google Duo terlebih dulu.

Kemudian, geser ke atas dan sentuh tombol ‘Buat Grup.’ Pilih tiga orang yang ingin video call dengan Anda.

Setelah Grup baru untuk video call terbentuk, ganti nama grup melalui tombol pengaturan. Ketik nama grupmu dan mulai video call. Tunggu video call diterima anggota grupmu.

Kedua fitur Data Saving. Untuk menggunakan mode hemat daya, pengguna hanya perlu men-tap tombol setelan yang berupaya ikon vertikal tiga titik di kanan atas. Tap, pilihan mode hemat kuota.

Aktifkan dengan menyentuh tombol mode hemat kuota pada bagian bawah sebelah kanan. Tombol tersebut bisa mengubah kualitas video untuk membatasi penggunaan data di jaringan seluler dan Wifi, sehingga Anda serta orang yang akan ditelepon pun bisa menghemat kuota.

Fitur ketiga yang diperkenalkan Google adalah Duo for Web. Pertama-tama pengguna perlu membuka Google Chrome di laptop atau komputer Anda.

Ketik duo.google.com, Anda akan dibawa masuk ke laman Google Duo Web. Setelah proses verifikasi, pilih kontak atau ketik nomor telepon tujuan yang sudah memiliki Google Duo dan ingin Anda hubungi.

Selanjutnya, tap pilihan Video Call, Duo Web Anda sudah siap digunakan. Terakhir, Google memperkenalkan fitur Video Message. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna hanya perlu menekan layar ponsel Anda.

Kemudian muncul pilihan untuk merekam video message. Setelah selesai merekam, Anda bisa melengkapinya dengan men-tap ikon Font dan Drawing di bagian kanan atas.

Apabila video sudah lengkap dan sesuai yang diharapkan, tap tombol Lanjutkan. Pilih kontak tujuan yang ingin Anda kirimkan video tersebut, klik Kirim. Semua fitur yang diumumkan Google sudah mulai tersedia di Android.


Editor : Tuty Ocktaviany