Google Melarang Iklan VPN Ditayangkan di China

Dini Listiyani ยท Kamis, 21 Maret 2019 - 14:26 WIB
Google Melarang Iklan VPN Ditayangkan di China

Google melarang iklan VPN ditayangkan di China. (Foto: Ubergizmo)

MOUNTAIN VIEW, iNews.id - China memperketat internet di negaranya. Akhirnya, banyak masyarakat China menggunakan VPN untuk melewati batasan mengakses internet yang tidak diperbolehkan pemerintah.

Sebenarnya penggunaan VPN dan proxy online tidak diizinkan di negara tersebut. Namun, perusahaan VPN yang beroperasi di negara tersebut diharuskan untuk menerima otorisasi dari pemerintah China.

Pemerintah sebelumnya telah memaksa Apple untuk menghapus semua aplikasi VPN dari App Store di China hampir dua tahun lalu. Sedangkan, Google memutuskan untuk melarang mempromosikan layanan VPN di China.

"Saat ini kebijakan Google Ads melarang promosi layanan VPN di China karena pembatasan hukum setempat," kata Google dalam sebuah e-mail yang dilaporkan Ubergizmo, Kamis (22/3/2019).

E-mail tersebut dikirim oleh Google ke website yang menyediakan ulasan berbagai layanan VPN. Dikatakan, Google tidak mengizinkan mereka untuk menempatkan iklan pencarian versi bahasa Mandarin dari situsnya.

E-mail Google menambahkan, tidak ada proses sertifikasi atau persetujuan untuk masalah ini. Artinya, tidak ada cara lain bagi website untuk mendapatkan izin menayangkan iklan tersebut di China.

Terlepas dari itu, sejauh ini belum diketahui apakah keputusan yang dibuat Google murni keinginan sendiri atau permintaan dari petinggi di China.


Editor : Tuty Ocktaviany