Google Uji Fitur Navigasi AR untuk Aplikasi Maps

Dini Listiyani ยท Senin, 11 Februari 2019 - 12:01 WIB
Google Uji Fitur Navigasi AR untuk Aplikasi Maps

Aplikasi Google Maps (Foto: The Verge)

MOUNTAIN VIEW, iNews.id - Google sempat memamerkan fitur augmented reality (AR) untuk Maps di konferensi pengembang I/O 2017. Kini, sejumlah pengguna berkesempatan untuk menjajal fitur AR ini di Google Maps.

Pada konferensi pengembang Google I/O 2017, Google memamerkan fitur AR untuk Maps, yang akan memberikan pengguna petunjuk arah dari kamera ponsel secara realtime. Cara ini seperti yang dijanjikan di Google Glass, tapi tanpa headset.

The Wall Street Journal mencoba versi awal fitur AR di Google Maps ini. Laporan ini menjelaskan bagaimana fitur AR Google Maps ini bisa bekerja.

Dijelaskan, aplikasi mengambil lokasi seseorang melalui GPS dan kemudian menggunakan data Street View untuk mempersempitnya ke lokasi Anda yang sebenarnya. Setelah lokasinya di-pin, panah besar dan arah akan muncul di sebelah layar.

"Seolah-olah Maps telah menarik my directions ke dunia nyata meskipun tidak ada orang lain yang bisa melihatnya," bunyi laporan seperti dilaporkan The Verge, Senin (11/2/2019).

Aplikasi tidak membiarkan pengguna untuk menggunakan kamera secar terus-menerus. Anda akan didesak untuk tidak menggunakan kamera setelah beberapa saat dan menampilkan antarmuka Maps biasanya.

Google dilaporkan telah bereksperimen dengan user interface dan menemukan pengguna akan mengikuti line terlalu dekat serta panduan animasi akan membuat mereka terpaku pada layar. User interface yang di-preview The Wall Street Journal bisa berubah dan Google tidak menyatakan kapan fitur akan diluncurkan kepada pengguna.

Namun, fitur akan tersedia untuk beberapa Local Guides segera. Setelah raksasa mesin pencarian ini puas dengan hasilnya, maka fitur akan disebarkan kepada pengguna secara luas.


Editor : Dini Listiyani