Instagram Rencana Kenakan Biaya untuk Pasang Tautan di Kolom Caption, Setuju?

Siska Permata Sari ยท Senin, 14 September 2020 - 15:54 WIB
Instagram Rencana Kenakan Biaya untuk Pasang Tautan di Kolom Caption, Setuju?

Instagram rencana kenakan biaya untuk pasang tautan di kolom caption. (Foto: The Verge)

JAKARTA, iNews.id – Pengguna Instagram selama ini tidak bisa mengakses link atau tautan yang ditulis di keterangan postingan. Pengguna biasanya mengakalinya dengan menaruh tautan pada bio Instagram dan memberi tahu followers tentang tautan itu secara manual.

Namun, Instagram dikabarkan berencana mengenakan biaya untuk menulis tautan di keterangan postingan atau caption. Hal itu diketahui lewat bocoran aplikasi pengajuan paten yang dilaporkan The Verge, Minggu (13/9/2020).

Aplikasi paten yang pertama kali diajukan oleh perusahaan induk Instagram, Facebook pada 2016 menunjukkan pop-up yang muncul ketika pengguna menambahkan URL di keterangan postingan atau kolom caption.

Dalam bocoran tersebut, perusahaan teknologi raksasa itu menerapkan 2 dolar AS atau sekitar Rp30 ribu untuk pemasangan tautan di keterangan foto di Instagram.

“Jika sistem online mendeteksi konten teks dari caption tersebut termasuk string teks tautan yang mengidentifikasi alamat tautan, sistem itu akan meminta pengguna yang memposting untuk membayar biaya sebagai imbalan untuk memasang tautan,” demikian seperti dikutip dari laporan The Verge, Senin (14/9/2020).

Biasanya, memang pengguna bisa menuliskan tautan di kolom caption, tetapi pengguna lain tidak dapat mengakses tautan tersebut. Sebagai gantinya, rata-rata pengguna meminta followersnya mengakses tautan lewat bio mereka.

Pengguna yang mempunyai puluhan ribu followers juga bisa memasang tautan di Instagram Story-nya.

Namun, seperti halnya permohonan paten lainnya, penting untuk dicatat bahwa perusahaan selalu mengajukan paten untuk produk dan layanan yang tidak pernah membuahkan hasil. Jadi, belum pasti kapan fitur ini benar-benar terwujud.

Editor : Tuty Ocktaviany