Intip Cara Mudah Mengembalikan Foto yang Terhapus dari WhatsApp

Dini Listiyani ยท Jumat, 07 Juni 2019 - 10:01 WIB
Intip Cara Mudah Mengembalikan Foto yang Terhapus dari WhatsApp

Intip cara mudah mengembalikan foto yang terhapus dari WhatsApp (Foto: Makeuseof)

JAKARTA, iNews.id - Cara mengembalikan foto yang terhapus di wa (WhatsApp) bisa saja dilakukan. Namun, banyak pengguna WhatsApp yang kurang memahami bagaimana cara melakukannya.

Memulihkan gambar yang hilang mungkin lebih mudah dibanding pikiran Anda. Pertama-tama, Anda harus memeriksa apakah orang yang diajak chat memiliki salinan pesan terkait media yang hilang.

Jika Anda mengunggah gambar dan kemudian menghapusnya sendiri, orang lain di grup chat masih bisa memilikinya. Tanyakan orang tersebut apakah mereka bisa meneruskan gambar atau menyimpannya di telepon mereka lalu membagikannya kepada Anda.

Namun, jika cara pertama tidak berhasil Anda bisa melangkah ke opsi lainnya. Berikut ini opsinya yang dirangkum iNews.id dari Makeuseof, Jumat (7/6/2019).

Restore Gambar dari WhatsApp Backup

Tentu saja untuk restoring backup, Anda harus mengaktifkan fitur cadangan sebelum menghapus gambar. Pertama, navigasikan ke Settings> Chat> Chat Backup.

Di sana, Anda akan melihat informasi termasuk kapan cadangan terbaru berjalan dan seberapa sering Anda mencadangkan data. Jika gambar dihapus sejak cadangan terakhir, Anda bisa menghapus dan menginstal ulang WhatsApp untuk memulihkan pesan.

Cukup hapus instalan aplikasi dari perangkat, lalu instal ulang salinan baru dari App Store atau Play Store. Anda harus mengonfirmasi nomor telepon lagi, dan Anda akan melihat permintaan untuk memulihkan data dari cadangan jika ada. Accept permintaan, dan WhatsApp akan restore semua pesan Anda sama seperti pada saat pencadangan.

Menggunakan Aplikasi Recovery

Saat Google meminta bantuan untuk memulihkan gambar WhatsApp, Anda kemungkinan akan menemukan banyak program yang menjanjikan solusi. Meski terdengar hebat, kenyataannya tidak.

Seperti memulihkan pesan teks yang dihapus, sebagian besar aplikasi pemulihan ini tidak membantu Anda. Memulihkan gambar WhatsApp sedikit berbeda dari pesan teks, tapi softwarenya masih memiliki masalah besar yang sama yakni memerlukan akses root.

Semua program pemulihan ini serupa. Mereka mengklaim bisa memulihkan pesan Anda dengan menginstal software pada desktop dan menghungkan ke ponsel Anda. Kemudian, setelah menjalankan program, Anda tidak akan mendapat hasil, melihat aplikasi itu memerlukan akses root, atau perlu membayar agar benar-benar bisa memulihkan.

Editor : Dini Listiyani