Jiplak Fitur Pengembang Italia, Facebook Diminta Ganti Rugi Rp66 Miliar

Intan Rakhmayanti Dewi ยท Sabtu, 09 Januari 2021 - 15:08:00 WIB
Jiplak Fitur Pengembang Italia, Facebook Diminta Ganti Rugi Rp66 Miliar
Aplikasi Facebook (Foto: Unsplash)

MENLO PARK, iNews.id - Facebook terus memberikan fitur baru pada platform-nya. Gara-gara fiturnya, raksasa jejaring sosial ini diminta ganti rugi 4,72 dolar AS atau sekitar Rp66,4 miliar kepada pengembang Italia. 

Pembayaran ganti rugi ini dikenakan ke Facebook karena perusahaan dituding telah menjiplak fitur besutan pengembang Italia bernama "Nearby" di jejaring sosialnya. Reuters melaporkan pengadilan banding yang berbasis di Milan, Italia, mengatakan putusan tahun 2019 yang menyatakan Facebook telah menyalin fitur dari aplikasi Faround milik pengembang Business Competence.

Kasus ini berawal di tahun 2012. Tahun itu, Business Competence meluncurkan Faround yang dirancang untuk membantu pengguna menemukan teman Facebook di dekat lokasi mereka.

Aplikasi tersebut dengan cepat mendapatkan pengguna di pasar Italia. Namun, hanya beberapa bulan kemudian, Facebook meluncurkan fiturnya sendiri bernama Nearby dengan harapan akan menjadi pesaing aplikasi serupa seperti Foursquare dan Yelp, dan unduhan Faround pun dilaporkan anjlok.

Pengembang perangkat lunak Italia menanggapi dengan mengajukan gugatan pada tahun 2013, dan Reuters melaporkan bahwa pengadilan mengeluarkan putusan awal yang mendukungnya pada tahun 2016, yang diumumkan pada tahun 2017.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2