Juli 2019, Google Akhiri Integrasi Photos dan Drive

Dini Listiyani ยท Kamis, 13 Juni 2019 - 12:01 WIB
Juli 2019, Google Akhiri Integrasi Photos dan Drive

Google Akhiri Integrasi Photos dan Drive Juli nanti (Foto: Pixabay)

MOUNTAIN VIEW, iNews.id - Google berhenti menawarkan sinkronisasi antara Photos dan Drive. Raksasa teknologi asal Amerika ini memutuskan untuk mengakhiri sinkronisasi agar layanan lebih sederhana.

"Kami telah mendengarkan feed back koneksi antara layanan ini membingungkan. Jadi bulan depan, kami membuat beberapa perubahan untuk menyederhanakan pengalaman di Drive dan Photos," kata Product Manager untuk Drive dan Photos Dan Schlosser dan Jason Gupta dalam unggahan blog.

Mengutip The Verge, Kamis (13/6/2019), pengakhiran layanan antara Photos dan Drive rupanya tidak hanya memengaruhi pengguna biasa, tapi juga pelanggan G Suite. Saat perubahan berlaku pada Juli nanti, foto dan video yang Anda tambahkan ke Drive tidak akan secara otomatis muncul di Photos dan sebaliknya.

Selain itu, penghapusan file tidak akan disinkronkan di antara keduanya. Perubahan ini, kata Schlosser dan Gupta, untuk mencegah penghapusan file secara tidak sengaja dari seluruh produk.

Di samping itu, Google akan menawarkan cara baru untuk menyalin gambar atau video dari Drive ke Photos dengan opsi 'upload from Drive.' Namun, Anda akan memiliki dua versi file yang sama tanpa tautan di antara mereka.

Google memperingatkan sistem ini bisa menyebabkan kebingungan ketika hadir ke penyimpanan cloud Anda. Sebab, bila item yang disalin adalah original quality, maka akan memakan bayak ruang di kedua tempat.

Bila Anda masih menginginkan beberapa konten di Photos dan Drive, solusinya bisa menggunakan Google Backup dan Sync untuk Windows atau Mac. Perusahaan mencatat, item yang diunggah menggunakan Backup dan Sync dalam original quality ke kedua layanan hanya akan dihitung sekali terhadap kuota Anda.

Google menekankan tidak ada yang akan dihapus secara otomatis pada Juli nanti saat pihaknya memutuskan memotong integrasi ini. Setiap foto dan video dari Drive di Photos yang telah diunggah sebelum perubahan akan tetep ada.


Editor : Dini Listiyani