Jumlah Pengguna Aktif Harian Twitter Sentuh Angka 126 Juta

Dini Listiyani ยท Sabtu, 09 Februari 2019 - 14:01 WIB
Jumlah Pengguna Aktif Harian Twitter Sentuh Angka 126 Juta

Logo Twitter (Foto: Android Authority)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Twitter akhirnya membuka angka pengguna aktif harian di platform-nya. Padahal sebelumnya, layanan berlogo burung biru ini tidak pernah mengungkapkannya.

Untuk pertama kalinya, Twitter mengumumkan jumlah pengguna harian Twitter yang bisa dimonetisasi yakni jumlah orang yang masuk ke Twitter setiap hari dan berpotensi melihat iklan. Tak diketahui mengapa Twitter baru mengungkapkan jumlah ini sekarang.

Padahal, Twitter biasanya hanya mengumumkan pengguna aktif bulannya. Mengutip Android Authority, Sabtu (9/2/2019), Twitter mungkin memutuskan mengungkapnya karena jumlah pengguna aktif harian naik dari tahun ke tahun.

Sebagai perbandingan, jumlah pengguna aktif harian di Twitter pada saat yang sama tahun lalu ialah 115 juta. Artinya, penggunaan sehari-hari naik hampir sembilan persen yakni 126 juta.

Jumlah pengguna bulanan tahun lalu ialah 330 juta, yang artinya angka itu menurun sekitar tiga persen dari tahun ke tahun. Menurut Twitter, akhirnya terungkap nomor pengguna hariannya untuk membantu pembeli iklan lebih memahami potensi jangkauan mereka.

Namun, pengungkapan jumlah user yang berpotensi ini juga memberi investor dan masyarakat umum gagasan konkret soal seberapa jauh keterlibatan pengguna yang lebih kecil dengan Twitter jika dibandingkan jejaring sosial pesaingannya.

Misalnya, Facebook properties yang termasuk Facebook, Messenger, Instagram, dan WhatsApp berjumlah 1.52 miliar pengguna aktif harian di kuartal sebelumnya. Instagram sendiri memiliki 500 juta pengguna aktif harian di 2017 dan kemungkinan besar mendapatkan lebih dari itu.


Editor : Dini Listiyani

TAG : twitter