Kalahkan Facebook, WhatsApp Jadi Aplikasi Paling Populer di Dunia

Dini Listiyani ยท Sabtu, 19 Januari 2019 - 14:30 WIB
Kalahkan Facebook, WhatsApp Jadi Aplikasi Paling Populer di Dunia

Facebook dan WhatsApp (Foto: Indian Express)

JAKARTA, iNews.id - Facebook telah kehilangan predikat sebagai aplikasi mobile paling banyak digunakan di dunia. Namun, pemegang tahta aplikasi mobile paling banyak digunakan tetap disandang oleh keluarga Facebook.

Facebook tampaknya mulai kehilangan pamornya. Meski begitu, raksasa jejaring sosial ini berhasil mempertahankan posisi sebagai aplikasi mobile paling banyak digunakan di dunia selama bertahun-tahun.

Lalu siapa aplikasi yang berhasil mengambil tahta Facebook sebagai aplikasi mobile paling banyak digunakan di dunia? Jawabannya ialah WhatsApp. Aplikasi pesan yang masih dimiliki Facebook ini mengalami pertumbuhan yang baik.

Menurut laporan App Annie's The State of Mobile 2019, WhatsApp berhasil mencatat pertumbuhan 30 persen dalam 24 bulan terakhir. Aplikasi WhatsApp melampaui Facebook dalam segi pengguna aktif bulanan pada September 2018.

Instagram, yang juga dimiliki Facebook mencatat pertumbuhan 35 persen secara global dari Januari 2017 hingga Desember 2018. Sementara itu, Facebook dan Messenger masing-masing tumbuh 20 persen dan 15 persen dalam 24 bulan terakhir.

Laporan yang dikutip Indian Express, Sabtu (19/1/2019), mencatat total waktu yang dihabiskan untuk aplikasi kategori sosial dan komunikasi pada 2018 meningkat 35 persen dari 2016. Ini menunjukkan peningkatan pentingnya ponsel.

                                                            (Foto: Annie App)


WhatsApp Messenger merupakan aplikasi Social and Communication teratas dalam hal keterlibatan pengguna pada 2018 di sebagian besar negara termasuk, India, Brasil, Inggris, Jerman, dan Kanada. Keterlibatan ini diukur dengan rata-rata sesi bulanan per pungguna.

Di India, WhatsApp Messenger diikuti oleh Instagram di posisi kedua dan Facebook di tempat ketiga. Aplikasi Social and Communication paling populer keempat dan kelimat di Negeri Bollywood ditempati oleh Facebook Messenger dan Imo.

Penurunan popularitas Facebook di seluruh dunia bisa dikaitkan dengan serangkaian masalah privasi terkait data pengguna di platform. Raksasa jejaring sosial menghadapi banyak kritik di seluruh negara untuk masalah yang berkaitan dengan keamanannya.

Editor : Dini Listiyani