Kepergian Tokoh, Kategori Baru di Google Years in Search 2019

Dini Listiyani ยท Rabu, 11 Desember 2019 - 19:51 WIB
Kepergian Tokoh, Kategori Baru di Google Years in Search 2019

Google merilis Years in Search 2019 dengan menghasilkan kategori baru. (Foto: Google)

JAKARTA, iNews.id - Google merilis Years in Search 2019 dengan menghasilkan kategori baru. Kategori baru yang masuk ke dalam Years in Search 2019 adalah Kepergian Tokoh.

Ada sejumlah tokoh ternama di Indonesia yang pergi tahun ini. Tokoh tersebut mencakup Ani Yudhoyono, BJ Habibie, Sutopo Purwo Nugroho, Cecep Reza, Robby Tumewu, Alfin Lestaluhu, Arifin Ilham, dan Afridza Munandar.

Tak hanya tokoh asli Indonesia, dua aktris Korea Selatan yakni Goo Hara dan Sulli juga masuk ke dalam kategori ’kepergian tokoh.’ Kategori ini sebelumnya tidak dimasukkan Google di Years in Search tahun sebelumnya.

“Tahun ini melihat banyak tokoh menginspirasi membawa harapan dan kita kehilangan. Merasa penting nge-highlight kepergian tokoh,” kata Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami di event Years in Search 2019.

Years in Search 2019 ada sedikit perbedaan dengan tahun sebelumnya. Tahun ini, masyarakat Indonesia lebih menaruh perhatian lebih terhadap perubahan dan harapan.

Bukan hanya perubahan terhadap diri sendiri tapi juga sosok yang menginspirasi. Makanya, tokoh seperti Wishnutama, Nadiem Makarim, dan Edhy Prabowo masuk ke dalam berbagai kategori tren pencarian.

Secara total, Years in Search 2019 mempunya sembilan kategori. Adapun kategori itu mencakup Penelusuran Trending, Tokoh, Kepergian Tokoh, Peristiwa Nasional, Lagu, Apa Itu..., Bagaimana Cara, Resep, Film.

Editor : Ranto Rajagukguk