Langkah Baru WhatsApp untuk Lawan Penyalahgunaan Platformnya

Vien Dimyati ยท Rabu, 12 Juni 2019 - 18:12 WIB
Langkah Baru WhatsApp untuk Lawan Penyalahgunaan Platformnya

WhatsApp mengambil tindakan tegas agar platformnya tidak disalahgunakan. (Foto: Ubergizmo)

MENLO PARK, iNews.id - WhatsApp mengambil tindakan tegas agar platformnya tidak disalahgunakan. WhatsApp bahkan mengancam tindakan hukum terhadap orang yang mengklaim memiliki kemampuan penyalahgunaan platformnya.

Melansir Ubergizmo, Rabu (12/6/2019), WhatsApp baru-baru ini melarang pengguna yang menjalankan aplikasi WhatsApp versi modifikasi. Selain itu, layanan pesan populer di dunia ini melarang jutaan akun per bulan untuk melawan spam. 

WhatsApp juga membatasi pengiriman teks untuk mencegah gosip menyebar dengan cepat di platformnya. Namun, laporan menjelang pemilihan umum baru-baru ini di India mengungkapkan, klon WhatsApp dan software yang dimodifikasi masih digunakan untuk melewati pembatas anti-spam. 

Digital marketers telah menawarkan layanan seperti pengiriman massal pesan WhatsApp di pasar India, Nigeria, dan Indonesia. Beberapa perusahaan di India bahkan membiarkan orang mengirim pesan manual di WhatsApp dari nomor anonim melalui situs web.

Mengetahui tindakan perusahaan yang tidak bertanggung jawab itu, WhatsApp tidak tinggal diam. Anak perusahaan Facebook ini sekali lagi memperingatkan perusahaan-perusahaan tersebut bahwa WhatsApp bisa mengambil tindakan hukum.

Bahkan, WhatsApp juga tak segan akan mengambil tindakan hukum kepada orang yang hanya mengklaim mereka memiliki kemampuan untuk melewati batasan anti-spam.

Sejauh ini belum diketahui jenis tindakan hukum seperti apa yang akan diambil oleh WhatsApp. Jadi, informasi akan diperbarui bila ada update lebih lanjut.


Editor : Tuty Ocktaviany