LinkedIn Digugat karena Akses Data Clipboard Pengguna iOS

Dini Listiyani ยท Senin, 13 Juli 2020 - 18:05 WIB
LinkedIn Digugat karena Akses Data Clipboard Pengguna iOS

LinkedIn (Foto: Unsplash)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Sistem operasi Apple, iOS 14 mempunyai salah satu fitur yang dapat meningkatkan privasi pengguna. OS akan memberitahu pengguna setiap kali clipboard mereka diakses oleh suatu aplikasi.

Fitur membuatnya menjadi proses yang lebih transparan, sehingga pengguna tahu aplikasi mana yang mengakses data pada perangkat mereka. Bahkan, saat mereka tidak menyadari sebelumnya.

Berkat fitur privasi, penelitian terbaru benar-benar menunjukkan, ada lebih dari 50 aplikasi mengakses data clipboard tanpa sepengetahuan pengguna. LinkedIn adalah salah satu dari aplikasi itu.

Kini, LinkedIn tampaknya telah mengalami sedikit masalah hukum akibat ketahuan menyalin clipboard pengguna Apple. Gugatan telah diajukan terhadap perusahaan oleh Adam Bauer.

Bauer menuding, LinkedIn telah mengakses clipboard di perangkat iOS-nya tanpa memberitahu dirinya. Terkait itu, menurut laporan Ubergizmo, Senin (13/7/2020), LinkedIn belum mengomentari gugatan.

Seperti disebutkan di atas, LinkedIn bukan satu-satunya perusahaan yang ketahuan menyalin data clipboard pengguna iPhone. Di antara aplikasi tersebut ada TikTok dan Reddit.

Namun, belum ada gugatan untuk TikTok dan Reddit. Jadi, LinkedIn adalah target pertama terkait dengan praktik penyalinan data clipboard pengguna Apple.

Editor : Dini Listiyani