Majukan Industri Game, Agate Resmikan Gedung Baru di Teknopolis

Dini Listiyani ยท Rabu, 24 April 2019 - 12:02 WIB
Majukan Industri Game, Agate Resmikan Gedung Baru di Teknopolis

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil hadiri peresmian Gedung Agate di Teknopolis. (Foto: Agate)

BANDUNG, iNews.id - Agate meresmikan kantor atau gedung baru di area Teknopolis, Summarecon, Gedebage, Bandung. Peresmian itu dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, Deputi Infrastuktur Bekraf Hari Santosa Sungkari, dan Direktur Bisnis dan Pengembangan Properti Summarecon Agung Herman Nagaria.

Selain meresmikan kantor baru di Teknopolis, Agate juga turut ambil bagian dalam peresmian kerja sama pengembangan industri game bersama Summarecon Bandung, Bekraf, dan Pemrov Jabar.

Industri game sebenarnya memiliki potensi bisnis besar yang bisa berkontribusi untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sayang, potensi itu masih belum tergarap dengan baik dan maksimal.

CEO Agate Studio Arief Widhiyasa dalam diskusi panel menjelaskan, sebenarnya ada penyebab industri game di Indonesia sulit berkembang seperti yang lain yakni mismatch antara dana pengembang industri game dengan hiburan lainnya. Hingga kini, pangsa pasar untuk game lokal masih berada kurang dari lima persen.

Melalui kerja sama ini, Agate berharap bisa membuka jalan bagi sumber daya dan pelaku baru di industri game Indonesia, serta bisa menghidupkan ekosistem industri yang memadai. Dengan pengalaman selama 10 tahun, Ridwan Kamil dan Hari Santosa mengamini mimpi dan kerja keras Agate yang telah menjadi salah satu outlier untuk industri game Indonesia.

Agate dikenal sebagai perusahaan dan studio pengembang game ternama asal Indonesia. Selama 10 tahun berjalan, studio game ini telah menelurkan sebanyak 250 judul game dan gamification.

"Agate di masa-masa awalnya merupakan start-up yang paling rajin mengikuti coaching dari Bekraf hingga akhirnya pelan-pelan bisa berjalan secara independen," kata Hari Santosa dalam keterangannya kepada iNews.id, Selasa (23/4/2019).


Editor : Tuty Ocktaviany