Manfaat Digital Marketing di Era Internet

Dani M Dahwilani ยท Rabu, 26 September 2018 - 23:11:00 WIB
Manfaat Digital Marketing di Era Internet
Di zaman yang sudah serba digital seperti sekarang, pebisnis kecil atau startup (perusahaan rintisan) bisa bernapas lega dengan adanya teknologi internet. (Foto: TNW)

JAKARTA, iNews.id - Di zaman yang sudah serba digital seperti sekarang, pebisnis kecil atau startup (perusahaan rintisan) bisa bernapas lega dengan adanya teknologi internet. Mereka dapat memasarkan produknya secara luas dengan biaya jauh lebih murah. Istilah ini dikenal dengan nama digital marketing.

Pada dasarnya, memanfaatkan internet untuk sebuah bisnis adalah cara paling bijak agar bisa bertahan di zaman now. Terlebih, pengguna internet di Indonesia meningkat signifikan setiap tahunnya.

Tentunya, ini jadi peluang yang besar untuk mengembangkan bisnis secara digital. Lalu apa sajakah manfaat digital marketing untuk Anda? Berikut penjelasannya:

1. Jangkauan lebih luas dan tepat sasaran

Kekurangan dari pemasaran melalui media konvensional seperti televisi dan media cetak adalah, Anda tidak bisa tahu siapa saja yang melihat iklan dan berapa banyak. Melalui digital marketing, Anda bisa menjangkau target yang lebih luas. Anda pun bisa menentukan profil dari orang yang hendak Anda tuju, misalnya dari segi lokasi, profil, umur, apa yang mereka sukai, dan lain sebagainya. Media sosial seperti Instagram dan Facebook memungkinkan Anda melakukan hal ini.

2. Biaya jauh lebih murah

Dengan biaya sangat terjangkau, pebisnis kecil sangat diuntungkan dengan adanya digital marketing. Biaya yang murah memungkinkan adanya efisiensi biaya sehingga modal yang Anda miliki bisa dialokasikan untuk keperluan yang lain.

Contoh, Anda tidak memerlukan biaya untuk membuat akun media sosial. Tinggal bagaimana Anda mengemas konten untuk media sosial tersebut agar dapat menarik calon pelanggan. Jika Anda memiliki budget lebih, Anda bisa memanfaatkan fitur Ads di media sosial, seperti Instagram dan Facebook sehingga produk Anda dapat dilihat lebih banyak orang.

3. Komunikasi dengan pelanggan

Membangun kedekatan dengan para pelanggan adalah hal yang sangat baik dilakukan, bahkan dianjurkan. Pemasaran secara digital memungkinkan hal itu.

Penggunaan platform yang ada untuk kegiatan marketing membuat antara pelanggan brand bisa saling interaksi, misalnya dalam kolom comment. Jika admin media sosial dari brand Anda komunikatif, menjawab komentar followers dengan baik, keakraban antara pelanggan dan brand akan semakin erat dan terbangunlah kepercayaan di antara keduanya.

4. Analisis lebih cepat

Melalui digital marketing, Anda dapat melihat hasilnya secara langsung. Misalnya, berapa banyak yang melihat Instagram post bisnis Anda, berapa jumlah like-nya, berapa yang click ke website Anda, bagaimana komentarnya, hingga sampai pada tahap checkout pembelian.

Melalui data-data yang didapat secara real time, Anda dapat menganalisis dan evaluasi bisnis dengan cepat.

5. Tingkatkan penjualan

Tahukah Anda, digital marketing memiliki potensi meningkatkan penjualan lebih besar. Berdasarkan penelitian IPSOS Hong Kong, para pebisnis yang menjalankan strategi marketing secara digital mampu meningkatkan pendapatan hingga 2,8 kali lipat.

Untuk itu, para pebisnis dapat menggunakan beberapa platform yang dianggap penting untuk digital marketing, seperti email, media sosial, membuat content strategy melalui blog, hingga penerapan Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Management (SEM).

6. Berkompetisi dengan brand besar

Jika dulu masyarakat akan lebih percaya dengan brand besar karena mereka berada di spotlight, kini semuanya dapat dengan mudah bersaing satu sama lain. Bisnis kecil sekarang dapat bersaing dengan bisnis besar. Hal penting adalah bagaimana strategi marketing yang Anda lakukan tepat sasaran.

Editor : Dani M Dahwilani

Bagikan Artikel: