Mark Zuckerberg dan Tim Cook Kutuk Kekerasan Massa di Capitol

Dini Listiyani ยท Kamis, 07 Januari 2021 - 13:05:00 WIB
Mark Zuckerberg dan Tim Cook Kutuk Kekerasan Massa di Capitol
CEO Apple Tim Cook (Foto: Cnet)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Para pemimpin perusahaan teknologi terbesar mengecam kerusuhan yang terjadi di Capitol AS. Kekerasan dimulai ketika anggota parlemen berkumpul untuk menghitung suara Electoral College, mengkonfirmasikan kemenangan Joe Biden.

Beberapa laporan terkait kerusuhan di Capitol itu termasuk tentang tembakan dan jendela yang pecah, gedung yang dikunci, anggota parlemen dievakuasi, bahkan hingga seorang wanita meninggal karena luka tembak. Kerusuhan tersebut menarik keprihatinan bos perusahaan teknologi seperti Apple.

CEO Apple Tim Cook mengatakan kekerasan itu menandai babak yang menyedihkan dan memalukan dalam sejarah Amerika Serikat (AS). “Mereka yang bertanggung jawab atas pemberontakan ini harus dimintai pertanggungjawaban, dan kita harus menyelesaikan transisi ke pemerintahan presiden terpilih Biden,” kata Cook. 

Sementara itu, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan kepada karyawannya dalam sebuah memo dia sedih dengan kekerasan massa ini. “Peralihan kekuasaan secara damai sangat penting untuk berfungsinya demokrasi kita, dan kita membutuhkan para pemimpin politik kita untuk memimpin dengan memberi contoh dan mengutamakan bangsa," kata Zuckerberg dalam memonya, dilihat oleh New York Times.

Sementara itu, CEO Alphabet Sundar Pichai menyebut pelanggaran hukum dan kekerasan di Capitol sebagai "antitesis demokrasi". "Menyelenggarakan pemilu yang bebas dan aman dan menyelesaikan perbedaan kami secara damai adalah dasar dari berfungsinya demokrasi," tulisnya dalam sebuah catatan kepada karyawan sebagaimana dikutip dari Cnet, Kamis (7/1/2021).

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2