Microsoft Office Digabungkan ke Dalam Satu Aplikasi di iOS dan Android

Dini Listiyani ยท Rabu, 06 November 2019 - 12:25 WIB
Microsoft Office Digabungkan ke Dalam Satu Aplikasi di iOS dan Android

Microsoft Office digabungkan ke dalam satu aplikasi (Foto: Microsoft)

REDMOND, iNews.id - Microsoft mulai public test untuk aplikasi Office versi terbaru. Menarikanya, aplikasi Office versi terbaru ini akan menggabungkan tiga aplikai menjadi satu.

Di aplikasi baru, yang sekarang tersedia untuk public preview di Android dan beta lewat program Test Flight Apple, pengguna akan dapat membuat documents, presentations, dan spreadsheets baru.

Selain itu, pengguna juga dapat mengedit dan melihat dokumen yang sudah ada. Pengguna juga dapat mengambil gambar dokumen dan membuatnya menjadi file World yang dapat diedit, membuat dan menandatangani PDF, atau mengubah tabel dari halaman yang dicetak menjadi spreadsheet Excel.

Microsoft mengatakan aplikasi mobile Office terbaru tidak akan menggantikan tiga aplikasi individu yang ada. Aplikasi Office yang baru ini hanya akan menjadi opsi bagi pengguna yang menggunakan semuanya.

"Kami tahu beberapa pengguna mungkin hanya perlu menggunakan salah satu aplikasi, dan itu adalah pilihan konsumen untuk menginstal aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Namun, jika Anda menggunakan semua inti, kami sarankan untuk memakai aplikasi Office baru karena Anda hanya perlu menginstal satu aplikasi dan memakan lebih sedikit ruang," kata juru bicara Microsoft yang dikutip dari Cnet, Rabu (6/11/2019).

Kombinasi aplikasi Office untuk iOS dan Android mengikuti rilis Microsoft dari aplikasi Office baru untuk Windows pada Februari lalu yang menawarkan akses ke semua aplikasi produktivitas dalam satu jendela.

Aplikasi individual Microsoft sudah populer di seluler. Ketiga aplikasi menduduki top 25 productivity app di iOS. Sedangkan di Android, setiap aplikasi sudah diunduh lebih dari 1 miliar kali.

Namun, Google memberikan persaingan yang kuat ke Microsoft di seluler lewat aplikasi Docs, Slides, dan Sheets dari tools produktivitas G Suite set yang peringkatnya lebih tinggi di iOS. Meski begitu, menurut laporan 2018 dari perusahaan keamanan cloud Bitglass, tool produktivitas Microsoft Office 365 memimpin secara keseluruhan di seluruh perangkat. Pada 2016, Office 365 memiliki lebih banyak penyebaran dibanding G Suite di ranah bisnis.


Editor : Dini Listiyani