Microsoft Rebuild Browser Edge dan Membawanya ke Mac

Dini Listiyani ยท Jumat, 07 Desember 2018 - 18:45 WIB
Microsoft Rebuild Browser Edge dan Membawanya ke Mac

Microsoft Rebuild Browser Edge dan Membawanya ke Mac (Foto: The Verge)

REDMOND, iNews.id - Microsoft mulai membangun ulang Microsoft Edge untuk dijalankan di Chromium, open-source web rendering engine yang memperkuat browser Chrome milik Google.

Dengan rebuilding artinya Edge akan segera didukung oleh Blink dan engine V8 JavaScript. Proyek ini merupakan langkah besar untuk Microsoft bergabung dengan open-source community dengan cara yang jauh lebih besar untuk web.

"Pada akhirnya, kami ingin membuat pengalaman web yang lebih baik untuk banyak audiens yang berbeda. Orang-orang yang menggunakan Microsoft Edge (dan berpotensi browser lainnya) akan mengalami peningkatan kompatibilitas dengan semua situs web," kata Corporate Vice President for Windows, Joe Belfiore sebagaimana dikutip dari The Verge, Jumat (7/12/2018).

Microsoft Edge tidak akan hilang atau berganti nama. Jika Anda sudah menggunakan Edge di Windows, maka tidak akan terlihat perubahan apa pun.

Namun, pada akhirnya, pengguna justru melihat website akan tampil lebih konsisten setelah Microsoft membuat perubahan di bawah kapitalisasi ini.

Lalu, apa alasan Microsoft mengubah mesin rendernya? Menurut laporan The Verge, Edge telah tertinggal di belakang Chrome dalam hal market share. Pengembang mengomptimalkan Chrome dan Google juga membuat layanan web khusus untuk browsernya.

Microsoft telah berjuang untuk mempertahankan mesin render Edge-nya dengan menggunakan Chromium. Raksasa software dilaporkan telah mempertimbangkan langkah ini selama setahun dan banyak dorongan dari konsumen dan bisnis agar Microsoft meningkatkan kompatibilitas web.

Kabar lain dari Edge, Microsoft akan membawa browser-nya ke Mac. Langkah ini mungkin bukan untuk mencari market share, tapi lebih mempermudah para pengembang untuk menguji Edge.

Sayangnya, belum diketahui kapan tepatnya browser Edge tiba untuk platform macOS. Tapi, kemungkinan akan terjadi pada 2019 nanti.


Editor : Dini Listiyani