Mozilla Berencana Bawa Super Private Browsing Mode ke Firefox

Dini Listiyani ยท Selasa, 14 Mei 2019 - 09:02 WIB
Mozilla Berencana Bawa Super Private Browsing Mode ke Firefox

Mozilla berencana bawa Super Private Browsing mode ke Firefox (Foto: Mozilla)

MOUNTAIN VIEW, iNews.id - Sebagian besar peramban saat ini menawarkan private browsing mode kepada penggunanya. Namun, mode tersebut tampaknya tidak cukup bagi peramban Mozilla Firefox.

Melansir Ubergizmo, Selasa (14/5/2019), Mozilla saat ini tengah menjajaki kemungkinan untuk memperkenalkan super private browsing mode di masa depan. Cara kerja super private browsing mode adalah dengan menyematkan konektivitas Tor di Firefox.

Dengan konektivitas tersebut, semua lalu lintas internet akan dialihkan dan dienkripsi di seluruh server Tor. Menurut Mozilla, private mode biasa masih mengirimkan lalu lintas Anda melalui server ISP Anda atau perusahaan tempat Anda bekerja.

Selain itu, private mode biasa juga tidak akan melindungi pengguna dari malware seperti keyloggers atau spyware, yang menurut mereka bisa dijaga dengan memperkenalkan konektivitas Tor ke Firefox. Kelemahan dari private mode adalah perutean lalu lintas melalui Tor bisa mengakibatkan hit pada kinerja, seperti waktu pemuatan halaman.

Berangkat dari kelemahan private mode reguler ini, Mozilla mumutuskan untuk mengeksplorasi ide untuk melihat apa yang bisa dilakukan tanpa terlalu banyak hit kinerja. Namun, keberhasilan dari Mozilla ini masih harus dicoba terlebih dulu.

Kabar seputar kehadiran super private browsing mode Mozilla muncul melalui PC Gamers, yang melihat sepotong informasi menarik dalam program Mozilla's 2019H1 Research Grant. Dalam program ini, Mozilla menawarkan dana kepada mereka yang bisa menjawab satu atau lebih dari 12 pertanyaan yang terkait dengan masa depan Firefox dan penjelajahan web secara keseluruhan.

Pertanyaan utama ke-12 yang mencakup 'Privacy&Security for Firefox' adalah tempat Mozilla pertama kali menyebutkan minatnya dalam menyediakan mode super private browsing mode kepada penggunanya.


Editor : Dini Listiyani