OS Terbaru Google Lenyapkan Dukungan untuk Android Beam

Dini Listiyani ยท Sabtu, 11 Mei 2019 - 08:44 WIB
OS Terbaru Google Lenyapkan Dukungan untuk Android Beam

OS terbaru Google lenyapkan dukungan untuk Android Beam (Foto: Ubergizmo)

MOUNTAIN VIEW, iNews.id - Fitur Android Beam telah ada selama beberapa tahun. Tapi, tampaknya tidak banyak orang yang menggunakan fitur Android Beam tersebut.

Tidak banyaknya orang yang menggunakan Android Beam tampaknya menjadi salah satu alasan Google untuk menghapus fungsionalitas ini dengan Android Q. Ya, rilis OS besar berikutnya akan menghapus fitur Android Beam tanpa ada pengganti resmi yang menggantikannya.

Melansir Ubergizmo, Sabtu (11/5/2019), karena Google akan menghapus fungsionalitas Android Beam, mereka yang menggunakannya tidak perlu khawatir. Mereka bisa mendapatkan fungsionalitas serupa dengan menggunakan banyak aplikasi pihak ketiga seperti Google Files.

Google memperkenalkan Android Beam pada 2011 bersama dengan Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Android Beam ini adalah teknologi transfer file peer-to-peer yang mengandalkan NFC untuk handshaking dan pada Bluetooth untuk benar-benar mengirimkan data.

Aplikasi Google Files memiliki kemampuan untuk berbagi file secara lokal melalui Wifi dengan kecepatan hingga 480Mbps. Kecepatan jauh lebih cepat dibanding yang dicapai pada Bluetooth dengan Android Beam.

Google telah membuat Android Q beta 3 tersedia untuk hampir dua lusin perangkat, banyak di antaranya dari produsen lain. Rencananya, Android Q akan dirilis ke publik akhir tahun ini.


Editor : Dini Listiyani