Panduan Menggunakan Google Maps Secara Offline

Dini Listiyani ยท Rabu, 05 Juni 2019 - 07:08 WIB
Panduan Menggunakan Google Maps Secara Offline

Panduan menggunakan Google Maps Secara Offline (Foto: Android Pit)

JAKARTA, iNews.id - Google Maps memiliki kemampuan untuk membaca peta secara offline. Kemampuan ini sangat bermanfaat bagi pengguna saat tidak mendapatkan sinyal stabil atau Wifi.

Namun, banyak pengguna juga belum mengetahui cara penggunaan Google Maps offline itu. Padahal, untuk menggunakan fungsi offline cukup mudah.

Nah, bagi yang belum mengetahui cara mengunduh dan menggunakan Google Maps offline berikut ini langkah-langkahnya yang dirangkum iNews.id dari Android Pit, Rabu (6/5/2019).

- Cara Mengunduh Peta untuk Penggunaan Offline
Satu-satunya peringatan untuk menggunakan Google Maps offline adalah Anda harus mengaksesnya secara online terlebih dulu. Anda harus melakukan sedikit persiapan sebelum pergi dan menggunakan peta tanpa jaringan.

Caranya, pengguna tentu saja harus membuka aplikasi Google Maps terlebih dulu saat online dan mencari lokasi yang diinginkan. Anda bisa menggunakan lokasi Anda saat ini untuk menyimpan area di sekitar tempat Anda berada atau mencari area yang akan dikunjungi.

Setelah menemukan lokasi atau area yang diinginkan, simpan untuk penggunaan offline. Cara termudah untuk mengunduhnya adalah dengan masuk ke menu opsi dengan mengetuk ikon baris dan tap Maps Offline.

Selanjutnya, tap select your own maps di atas layar dan akan muncul pesan yang mengatakan 'download this area?' Seret peta di dalam kotak biru hingga mencakup area yang ingin Anda petakan.

Cubit peta untuk memperbesar, menutup area yang Anda inginkan. Gerakkan jari dengan cara yang berlawanan untuk memperkecil dan mencakup area yang lebih besar.

Anda akan melihat ukuran file diperbarui secara otomatis di bagian bawah layar. Semakin besar area yang ingin disimpan, maka semakin besar ukuran file-nya. Setelah area maps tepat, tap Download.

(Foto: Android Pit)

- Menggunakan Peta Offline
Jika Anda berada di area peta luring yang telah Anda simpan, kini Anda bisa bernavigasi seperti biasa dengan beberapa batasan. Anda tidak akan diminta untuk memberi nama area yang telah diunduh segera, tapi Anda bisa melakukannya nanti melalui area offline maps yang baru saja dimasukkan.

Setelah mengunduh peta ke perangkat, Anda bisa mengaksesnya dengan mengetuk ikon menu di kiri atas halaman peta utama dan kembali ke offline maps screen.

Di sana, Anda juga akan melihat tanggal kedaluwarsa dan ukuran file dari semua peta yang telah diunduh. Peta akan kedaluwarsa setelah 30 hari, kecuali bila Anda tidak menggunakan atau memperbaruinya. Tekan ikon roda gigi di kanan atas layar peta luring dan pastikan opsi pertama, automatically update offline maps, dihidupkan.

Anda bisa memilih apakah ingin peta diperbarui hanya melalui Wifi atau jaringan seluler. Dimungkinkan juga untuk menggunakan peta offline sambil menjaga data seluler Anda aktif untuk aplikasi lain.

Buka menu Google Maps dan nyalakan mode only Wifi. Anda masih bisa menggunakan peta luring dan menghemat data baterai serta seluler dengan cara ini. Anda juga bisa menghapus peta yang disimpan sebelumnya dari layar ini dengan mengklik tiga titik untuk membuka panel opsi.

(Foto: Android Pit)

Terlepas dari itu, fungsionalitas peta offline memiliki beberapa batasan. Sebagian besar mengenai ukuran lokasi yang Anda cari. Anda tidak bisa mengunduh peta seluruh Indonesia misalnya. Nah, semoga langkah-langkah di atas bisa membantu perjalanan Anda.

Editor : Dini Listiyani