Peneliti Temukan Malware yang Bisa Bermutasi Ditargetkan ke Produsen Vaksin

Dini Listiyani ยท Rabu, 24 November 2021 - 08:20:00 WIB
Peneliti Temukan Malware yang Bisa Bermutasi Ditargetkan ke Produsen Vaksin
Peneliti Temukan Malware yang Bisa Bermutasi Ditargetkan ke Produsen Vaksin (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak penyakit di dunia, di antaranya bahkan belum berhasil diberantas. Oleh karena itu, vaksin sedang dikembangkan dengan gagasan mereka bisa mencegah penyakit tertentu atau setidaknya mengurangi gejalanya secara signifikan. 

Namun, tampaknya ada beberapa yang mencoba mengganggu proses penelitian ini dengan meluncurkan malware yang ditargetkan ke pusat penelitian dan produsen vaksin tersebut. Menariknya, para peneliti dari BIO-ISAC baru-baru ini menemukan jenis malware Windows yang disebut Tardigrade yang bisa bermutasi untuk mencegah deteksi. 

Ironisnya karena vaksin dirancang untuk menargetkan virus. Dengan menghentikan virus di awal jalurnya, dia mencegahnya melompat ke inang lain di mana ia memiliki kesempatan untuk bermutasi yang pada gilirannya dapat membuatnya lebih kebal terhadap vaksin di masa depan. Ini mirip dengan apa yang dilakukan malware Tardigrade juga.

Menurut peneliti, malware Tardigrade memiliki kemampuan untuk bermutasi dengan menulis ulang sebagian kodenya untuk menghindari deteksi. Program jahat itu bahkan dapat mengkompilasi ulang kodenya selama setiap infeksi ketika komputer host terhubung ke internet. 

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: