Performa Website yang Optimal Bantu UKM di Masa Pandemi

Dini Listiyani ยท Jumat, 20 November 2020 - 11:40 WIB
Performa Website yang Optimal Bantu UKM di Masa Pandemi

Ilustrasi (Foto: Unsplash)

YOGYAKARTA, iNews.id - UKM menghadapi tantangan dalam mengembangkan bisnis di masa pendemi. Guna menyiasati masalah yang ada, UKM perlu bertransformasi ke digital.

Namun, masih banyak UKM yang belum memanfaatkan kanal go online secara maksimal. Di era digital saat ini, media sosial, website, marketplace memiliki fungsi sebagai kanal promosi yang efektif menjangkau pasar yang lebih luas.

Keberhasilan bisnis UKM di masa pandemi, sangat bergantung pada aktivitas go online dan bagaimana pemilik bisnis mengelola aset digital atau kanal go online tersebut. Ayunda Zikrina, Head of Brand & Market Development Niagahoste menilai toko digital sama dengan toko fisik yang memerlukan pengelolaan dan maintainance secara berkala.

“Untuk mengelola toko fisik, pemilik bisnis mungkin harus mengeluarkan biaya kebersihan, keamanan, promosi offline yang tidak sedikit. Pengelolaan toko online rata-rata dimulai dari konsistensi membuat konten, kemudian mengecek aktivitas media sosial dan berinteraksi dengan pelanggan. Itu semua dapat dilakukan tanpa biaya. Namun, masih banyak pemilik bisnis yang belum memprioritaskan ini.” kata Ayunda.

Selain pengelolaan dari sisi konten, tiap kanal go online memiliki aspek-aspek penunjang lain untuk memaksimalkan kehadiran online. Contohnya di marketplace, pengelolaan dari sisi promo yang digunakan, hingga tampilan katalog dan kategorisasi produk perlu diperhatikan. Di website, pengelolaan dari sisi kecepatan loading halaman hingga tampilan utama website menjadi prioritas.

Sementara itu, A Sofalul Khazari, Customer Relations Specialist Niagahoster, menilai pekerjaan pemilik bisnis, pemerintah, hingga swasta tidak berhenti ketika UKM sudah go online. Kesempatan untuk mengembangkan bisnis pun bisa terbuka lebar saat pandemi.

Sofal melaporkan, Niagahoster mengalami kenaikan jumlah pemilik bisnis yang membuat website sebesar 35 persen di bulan April. Dalam survey yang dilakukan ke seluruh klien Niagahoster bulan kuartal II 2020, 67.40 persen mengaku membuat website untuk mengembangkan bisnis.

Niagahoster saat ini tengah melakukan program Audit Your Site (AYS) untuk membantu pemilik bisnis dan UKM melakukan proses audit pada website bisnis atau toko online-nya. Menurut Sofal, performa laman digital atau website yang optimal tidak hanya akan mempertahankan bisnis UKM di masa pandemi, tapi juga memberi peluang pengembangan bisnis dan brand UKM.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua