Perlancar Ibadah Ramadan, Google Hadirkan Arah Kiblat di Search

Dini Listiyani ยท Kamis, 16 Mei 2019 - 17:48 WIB
Perlancar Ibadah Ramadan, Google Hadirkan Arah Kiblat di Search

Google hadirkan arah kiblat di Search. (Foto: iNews.id/Dini Listiyani)

JAKARTA , iNews.id - Google menghadirkan fitur tambahan di Ramadan kali ini. Fitur tersebut ditujukan untuk membantu pengguna lebih lancar dalam menjalankan serangkaian aktivitas di Ramadan.

"Ada beberapa fitur yang sudah diketahui, tapi ada juga yang baru. Tujuannya bagaimana kita membantu bulan ramadan menjadi bermakna," kata Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami di Eastern Opulence, Jakarta, Rabu (16/5/2019).

Fitur tambahan yang bertujuan untuk membantu bisa terletak di Google Search. Caranya, cukup mencari kata 'Ramadan,' 'Bulan Ramadan,' dan 'Puasa' di Google Search.

Setelah mencari kata yang disebutkan di atas, pengguna akan melihat dua fitur tambahan di Search. Pertama, Jadwal Salat.

Saat opsi Jadwal Salat di Google Search diklik, pengguna akan disodorkan dengan waktu salat. Jadwal salat tersebut sesuai dengan milik Kementerian Agama (Kemenag).

"Jadi kalau diklik kita bisa lihat jadwal salat dan sudah dibuat serelevan mungkin dengan GPS kita,"kata Product Marketing Manager Google Indonesia Ridzky Novasandro.

Selain menambahkan fitur Jadwal Salat, Google juga memboyong Arah Kiblat. Fitur sangat berguna bagi pengguna yang sering berada dalam perjalanan atau bingung menentukan arah kiblat.

"Arah Kiblat berbasis teknologi AR yang menggabungkan dunia maya dan nyata dan diproyeksikan melalui kamera kita," ujar Sandro.

Layanan Google lain yang bisa digunakan untuk memperlancar kegiatan Ramadan adalah Assistant. Asisten virtual suara Google bisa membantu mengetahui informasi dan mengatur aktivitas saat Ramadan.

Cara yang bisa digunakan untuk mengatur aktivitas Ramadan adalah dengan mengucapkan 'Ok Google. Ingatkan saya ibadah salat pada 3.45 sore.'


Editor : Tuty Ocktaviany