Permintaan Naik, Alibaba Cloud Hadirkan Data Center ke-2 di Indonesia

Dini Listiyani ยท Rabu, 09 Januari 2019 - 16:10 WIB
Permintaan Naik, Alibaba Cloud Hadirkan Data Center ke-2 di Indonesia

Alibaba Cloud hadirkan data center kedua di Indonesia. (Foto: iNews.id/Dini Listiyani)

JAKARTA, iNews.id - Alibaba Cloud kembali meluncurkan data center di Indonesia. Peluncuran data center kedua di Indonesia ini dilatarbelakangi permintaan big data yang meningkat.

Alibaba Cloud meluncurkan data center kedua di Indonesia. Kedua data center itu akan menyediakan kapasitas lebih tinggi dan kemampuan disaster recovery yang lebih kuat.

“Kami melihat banyak permintaan di sini. Karena itulah alasan kami meningkatkan kapasitas,” kata Cloud General Manager of Singapure and Indonesia Leon Chen di Jakarta, Rabu (9/1/2019).

Dengan peluncuran data center kedua di Indonesia ini, Alibaba Group kini memiliki 55 availability zone yang tersebar di 19 wilayah Tanah Air. Dua data center ini menawarkan serangkaian produk dan layanan mulai dari elastic computing, layanan database, jaringan, penyimpanan data, keamanan, middleware, dan berbagai solusi lainnya.

Alibaba Group menggandeng sejumlah partner lokal untuk mendistribusikan produk komputasi awan dan teknologi mereka. Salah satu mitranya ialah PT IndoInternet.

Selain data center, pada acara bertajuk ‘Hello Indonesia 2019’ Alibaba Cloud juga mengumumkam kehadiran Program Internet Champion Global Accelerator. Program akan memberikan pelatihan, bimbingan, dan peluang modal ventura kepada perusahaan-perusahaan.

“Indonesia negara pertama yang kami luncurkan program Internet Champion Global Accelerator,” ujarnya.

Alibaba Cloud membuka program tersebut di Jakarta dengan memberikan gambaran soal teknologi e-commerce ke 300 penggiat startup dan perusahaan. Program Internet Champion Global Accelerator akan berlanjut ke Bali pada 12 Januari 2019 untuk menghubungkan lebih dari 200 profesional dan mahasiswa.


Editor : Tuty Ocktaviany