Pindah ke Chromium, Microsoft Tuai Kritik dari CEO Mozilla

Dini Listiyani ยท Sabtu, 08 Desember 2018 - 20:15 WIB
Pindah ke Chromium, Microsoft Tuai Kritik dari CEO Mozilla

Pindah ke Chromium, Microsoft Tuai Kritik dari CEO Mozilla (Foto: Mozilla)

REDMOND, iNews.id - Microsoft melakukan peralihan ke Chromium, mesin render yang digunakan Google untuk browser Chrome-nya. Namun, tindakan raksasa software ini justru dikiritik oleh CEO Mozilla.

Beberapa hari belakangan terdapat rumor yang mengisyaratkan Microsoft akan membuat peralihan ke Chromium. Microsoft, belum lama ini mengonfirmasi kebenarannya berita tersebut.

Peralihan ke Chromium bukan hanya memberikan pengalaman browsing web yang lebih konsisten, tapi juga bisa mendorong lebih banyak pengguna untuk mulai menggunakan Edge.

Langkah yang diambil Microsoft ini tampaknya tidak membuat semua orang senang. Nah, CEO Mozilla Chris Beard merupakan salah satu pihak yang tidak senang dengan langkah Microsoft.

Dalam unggahan di situs web Mozilla, Beard pada dasarnya mengkritik keputusan Microsoft untuk beralih ke Chromium dari EdgeHTML. Beard mengakui langkah tersebut membuat bisnis baik, tapi dia percaya peralihan untuk mengadopsi Chromium artinya menyerah pada kebebasan dan pilihan yang pernah ditawarkan internet.

"Dari perspektif pemberdayaan sosial, kewarganegaraan, dan individu yang menyerahkan kontrol infrastruktu online fundamental ke satu perusahaan sangat buruk. Inilah mengapa Mozilla ada. Kami bersaing dengan Google bukan karena ini peluang bisnis yang bagus," kata Beard sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Sabtu (8/12/2018).

Kesehatan internet dan kehidupan online, kata Beard, bergantung pada persaingan dan pilihan. "Mereka bergantung pada konsumen yang mampu memutuskan kita menginginkan sesuatu yang lebih baik dan mengambil tindakan," katanya.


Editor : Dini Listiyani