Pola Menonton Pengguna YouTube Berubah Selama Ramadan

Dini Listiyani ยท Selasa, 21 Mei 2019 - 17:39 WIB
Pola Menonton Pengguna YouTube Berubah Selama Ramadan

Google menemukan pola unik dalam layanan mereka selama Ramadan. (Foto: iNews.id/Dini Listiyani)

JAKARTA, iNews.id - Selama Ramadan, Google menemukan pola unik dalam layanan mereka. Misalnya, jam penggunaan YouTube yang berubah selama Ramadan.

"Untuk YouTube secara khusus ada perubahan aktivitas sehingga waktu Ramadan terlihat ada perbedaan signifikan," kata Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami saat jumpa media di Jakarta, belum lama ini.

Menurut data internal Google, terjadi lonjakan waktu menonton pada pukul 04.00 WIB. Padahal pada jam tersebut, biasanya waktu menonton tidak banyak dibanding hari biasa.

"Orang yang habis bangun sahur, dia gak tidur lagi. Jadi, langsung nonton," ujarnya.

Data juga menunjukkan ada lonjakan waktu menonton saat siang hari. Waktu tersebut berkisar antara pukul 10.00 hingga 14.00 WIB.

Seperti diketahui, Google menyiapkan beberapa fungsi tambahan di layanannya untuk membantu pengguna memperlancar ibadahnya. Sebagai contoh, di layanan Search Google menambahkan 'Penunjuk Arah Kiblat' dan 'Waktu Solat.'

Untuk bisa memanfaatkan fitur, pengguna hanya perlu mengetik kata Ramadan di kolom pencarian. Selanjutnya akan ada pilihan 'Prayer Times' dan 'Penunjuk Arah Kiblat' yang bisa dimanfaatkan.


Editor : Tuty Ocktaviany