Punya Algoritma Cerdas, Aplikasi Ini Bisa Deteksi Selera Musik

Dani M Dahwilani ยท Rabu, 05 Desember 2018 - 18:35 WIB
Punya Algoritma Cerdas, Aplikasi Ini Bisa Deteksi Selera Musik

Algoritma cerdas Deezer dapat mempelajari selera musik penggunanya dan memberikan rekomendasi musik-musik sesuai genre yang disukai. (Foto: Deezer)

JAKARTA, iNews.id - Seiring perkembangan teknologi digital mendengarkan musik kini semakin mudah. Pengguna bisa menikmatinya melalui berbagai perangkat, mulai dari smartphone, desktop, laptop, home sound system, smart TV hingga perangkat lain yang terhubung internet.

Inovasi pun terus dilakukan para pengembang aplikasi untuk memudahkan pengguna dalam mencari musik yang disukai. Seperti yang dilakukan aplikasi streaming musik asal Prancis, Deezer.

Aplikasi ini memberikan sentuhan paling personal dengan library musik lebih dari 53 juta lagu, terdiri atas lagu baru dan lagu lama dengan beragam pilihan genre.  

Business Develipment Manager Dezeer, Salman Aditya mengemukakan, pengguna Dezeer di seluruh dunia telah mencapai lebih dari 15 juta orang. Aplikasi ini dapat digunakan free dan berlangganan dengan mengunduh lewat Play Store atau App Store, dengan login menggunakan email atau Facebook.

"Deezer tersedia di lebih dari 180 negara seluruh dunia. Untuk pengguna aplikasi Dezeer di Indonesia mencapai 500 ribu orang. Melihat potensi besar di Indonesia kami mengharapkan pengguna aplikasi menembus 1 juta orang," ujarnya di Jakarta, Rabu (5/12/2018)    

Salman menerangkan, saat pengguna memasuki aplikasi Deezer, user akan diminta memilih maksimal lima genre musik favoritnya dari beragam genre musik yang disediakan Deezer. Setelah genre musik dipilih, algoritma cerdas Deezer mulai mempelajari selera musik pengguna dan akan memberikan rekomendasi musik-musik sesuai dengan genre yang disukai.

"Bahkan Dezeer dapat membantu mencarikan judul dan lirik hanya dengan mendengarkan lagu yang sedang dilantunkan. Pengguna juga bisa mendengarkan musik melalui Waze, dan karaoke bersama melalui TV Android," katanya.

Dia menyebutkan, Deezer hadir dengan beberapa unique selling point yang juga merupakan diferensiasi dari aplikasi musik streaming lain. Cukup dengan menekan tombol play maka fitur Flow akan memutar track berdasarkan lagu yang pernah disukai oleh pengguna dan lagu-lagu baru yang akan terputar secara terus menerus tanpa batas.

"Tidak perlu menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mencari musik favorit, karena dengan fitur Mixes kumpulan musik-musik telah dikelompokkan per genre, per mood ataupun per dasawarsa sehingga pengguna dapat menikmati momen dengan musik di mana pun dan kapan pun. Sebagian besar lagu-lagu popular dalam aplikasi Deezer sudah dilengkapi dengan lirik sehingga memungkinkan pendengar untuk dapat ikut bernyanyi," ujar Salman.

Dia menerangkan ada tiga paket berlangganan dari Deezer, yakni paket Deezer Premium, Deezer Family, dan Deezer HiFi. Deezer Premium adalah paket langganan dengan kualitas suara MP3 320 kbit/s seharga Rp49,990 per bulan.

Dari ketiga paket yang ditawarkan, pengguna dapat mendengarkan musik tanpa batas, dan tanpa penggalan iklan. Sementara untuk pengguna yang tidak berlangganan bulanan atau Deezer Free tetap dapat mendengarkan musik dengan kualitas suara 128 kbit/s.

Salman menyebutkan Deezer telah bekerja sama dengan beberapa provider telekomunikasi, yaitu Tri, XL dan Axis untuk dapat berlangganan bulanan Deezer Premium. Penguna juga dapat berlangganan melalui internet banking atau kartu kredit.

"Dengan menggunakan Deezer Premium, pendengar dapat menikmati semua lagu tanpa batas, tanpa penggalan iklan, dan dapat didengarkan secara offline atau tanpa koneksi internet," katanya.


Editor : Dani Dahwilani