Qualcomm dan Lenovo Umumkan Kehadiran Laptop 5G

Dini Listiyani ยท Selasa, 28 Mei 2019 - 14:45 WIB
Qualcomm dan Lenovo Umumkan Kehadiran Laptop 5G

Qualcomm dan Lenovo mengumumkan PC 5G pertama yang ditenagai Snapdragon. (Foto: Forbes)

TAIPEI, iNews.id - Qualcomm dan Lenovo mengumumkan PC 5G pertama yang ditenagai Snapdragon selama Computex. Kedua perusahaan teknologi ini menggambarkan PC sebagai platform 7nm pertama di dunia yang dibuat untuk PC.

Laptop yang disebut Project Limitless berjalan pada Snapdragon 8cx Compute Platform. Platform tersebut dirancang untuk mendukung konektivitas 4G dan 5G.

"Kolaborasi kami dengan Lenovo akan memberikan pengalaman pengguna PC transformatif bagi konsumen dan perusahaan berkat kinerja platform dan efisien daya, dikombinasikan dengan kecepatan tinggi, konektivitas latensi rendah yang dimungkinkan 5G," kata Senior Vice President and General Manager, Mobile Business Unit Qualcomm Technologies Alex Katouzian yang dikutip Forbes.

Melansir Tech Crunch, Selasa (28/5/2019), Snapdragon 8cx Compute Platform dikombinasikan dengan GPU Adreno 680 dengan Qualcomm Kryo 495 CPU. Untuk daya tahan, menurut Qualcomm, laptop bisa bertahan selama beberapa hari per pengisian daya.

Platform ini menggunakan modem Snapdragon X55 5G, yang memiliki kecepatan unduh hingga 2,5 Gbps. Secara performa, Qualcomm merilis beberapa nomor benchmark yang mengadu mesin Snapdragon 8cx yang dikonfigurasi serupa dengan laptop Intel Core i5, 15 watt, U-series, 8th Gen.

Berbicara soal harga, sejauh ini belum ada informasi yang dibagikan. Begitu juga tanggal rilis Project Limiteless, Lenovo belum memberikan bocorannya.

Editor : Tuty Ocktaviany