Ransomware Terbaru Mac Ditemukan di Program Bajakan

Dini Listiyani ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 11:16 WIB
Ransomware Terbaru Mac Ditemukan di Program Bajakan

Ransomware baru ditemukan di program bajakan (Foto: Unsplash)

CALIFORNIA, iNews.id - Mengunduh software bajakan memang bukan ide yang bagus, tapi banyak orang melakukannya. Selain ilegal, tempat mengunduh software ilegal juga kebanyakan dari sumber yang tidak bisa dipercaya.

Software ilegal juga berpotensi menyembunyikan file-file berbahaya di dalam instalasi. Sayangnya, beberapa pengguna Mac menemukan cara yang sulit karena menurut laporan dari Malwarebytes, ada ransomware 'EvilQuest' baru yang menargetkan komputer Mac yang juga disebarkan melalui aplikasi Mac bajakan.

Ransomware ditemukan saat beberapa pengguna mengunduh aplikasi 'Little Snitch' dari forum Rusia. Unduhan sebenarnya berisi aplikasi itu sendiri tapi juga membawa file yang dapat dieksekusi tambahan.

Malware ini cukup cerdas karena instalasi, file dipindahkan ke lokasi baru dan diubah namanya menjadi CrashReporter agar tetap bersembunyi di macOS Activity Monitor, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Rabu (1/7/2020).

Layaknya kebanyakan ransomware, mereka akan mengenkripsi semua file di komputer Mac dan tampaknya, pengguna perlu membayar 50 dolar AS untuk mendeskripsi file mereka untuk mendapatkannya kembali.

Selain mengunci file-file, malware tersebut juga akan menyarankan untuk menginstal keylogger. Keylogger ini digunakan untuk memonitor keystrokes, dengan harapan Anda memasukkan informasi sensitif seperti kartu kredit, nama pengguna, password, dan sebagainya.

Jadi, bila tertarik untuk mengunduh software bajakan, Anda mempertimbangkannya. Pasalnya, ada bahaya yang mengintai di balik software bajakan yang diunduh.

Editor : Dini Listiyani