Safari Segera Dukung Kunci Keamanan USB

Dini Listiyani ยท Jumat, 07 Desember 2018 - 15:01 WIB
Safari Segera Dukung Kunci Keamanan USB

Safari Segera Dukung Kunci Keamanan USB (Foto: Ubergizmo)

MENLO PARK, iNews.id - Perkembangan teknologi yang begitu canggih diiringi juga dengan kejahatan siber yang tak kalah mengerikan. Oleh karena itu, para produsen hardware memberikan perlindungan ekstra kepada pengguna.

Tool hacker saat ini semakin canggih. Kombinasi password dan username tidak cukup untuk melindungi akun online. Maka dari itu, saat ini autentikasi dua faktor, keamanan biometrik, dan kunci keamanan USB fisik digunakan untuk melindungi privasi pengguna.

Nah, bagi pengguna yang gemar menggunakan kunci keamanan USB ada berita baik. Apple sedang menguji browser Safari untuk mendukung kunci keamanan USB tersebut, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Jumat (7/12/2018).

Uji coba merupakan bagian dari Safari Technology Preview yang hadir dengan dukungan untuk API WebAuthentication, sehingga autentikasi login di website bisa menggunakan kunci keamanan.

Kunci keamanan bukanlah sesuatu yang baru. Di masa lalu, beberapa pengembang software benar-benar bergantung pada perangkat tersebut untuk mengauntentikasi apakah suatu produk nyata atau tidak.

Bahkan, karyawan Google telah mulai menerapkan penggunaannya dan berhasil menghindari phishing. Google sendiri juga telah mulai menjual kunci keamanan USB yang dijuluki Titan.

Saat ini, dukungan untuk kunci keamanan di Safari sedang dalam pengujian. Artinya, dukungan tersebut belum tentu tersedia bagi masyarakat umum.

Tapi, jika semuanya berjalan dengan baik. Bukan tidak mungkin dukungan tersebut akan menjadi bagian dari pembaruan di masa depan.


Editor : Dini Listiyani

TAG : google