Sebelum Rilis Publik, Facebook Uji Platform Video Pendek LOL

Dini Listiyani ยท Sabtu, 19 Januari 2019 - 13:01:00 WIB
Sebelum Rilis Publik, Facebook Uji Platform Video Pendek LOL
Facebook (Foto: Slash Gears)

MENLO PARK, iNews.id - Facebook mengembangkan platform video pendek bernama LOL yang ditujukan untuk remaja. Kini, raksasa jejaring sosial ini mulai menguji plafrom tersebut ke sejumlah kecil siswa sekolah menengah (SMP) di Amerika Serikat (AS) sebelum peluncuran publik.

Penguji remaja yang terlibat dalam beta publik sudah mendapat izin orangtua mereka. Penguji akan melihat platform LOL di tab Watch biasanya berada, tapi Facebook tidak akan memperkenalkan layanan ke jam tangan pintarnya.

Selain itu, Facebook juga belum membuat keputusan apakah akan meluncurkan LOL sebagai produk mandiri atau bagian dari aplikasi Facebook yang sudah ada, sebagaimana dikutip dari Slash Gears, Sabtu (19/1/2019).

Facebook menggambaran platform LOL sebagai tahap awal pada saat ini. Berdasarkan screeshot yang bocor, konten akan dipecah menjadi berbagai kategori yang menampilkan nama seperti 'Piping Hot Contenct' dan 'Look Mom No Hands.'

Koleksi bertema tersebut merupakan bagian dari carousel yang membantu pengguna menemukan konten baru. Selain itu, bagian 'For You' memberi pengguna klip yang dipilih oleh suatu algoritma untuk pengguna.

Pengguna bisa lebih memperbaiki apa yang mereka lihat dengan memfilter kategori tertentu. Konten disajikan dalam feed yang bisa digulir pengguna dan bereaksi dengan salah sati dari tiga tombol yang disediakan.

Pengguna juga bisa mengunggah dan membagikan konten mereka sendiri serta berbagi video dengan pengguna lain. Produk tersebut telah disebut sebagai aplikasi 'meme discovery' tapi laporan tersebut mengatakan, LOL terkadang menampilkan konten lama.

Seperti diketahui, Facebook telah berjuang untuk menarik pengguna baru, setidaknya di produk utama Facebook. Pada Mei 2018, laporan Pew Research Center menemukan peringkat Facebook hanya berada di posisi empat dalam hal popularitas jaringan sosial.

Editor : Dini Listiyani