Sempat Hilang, Kini Microsoft Bing Bisa Diakses Lagi di China

Dini Listiyani ยท Sabtu, 26 Januari 2019 - 13:01 WIB
Sempat Hilang, Kini Microsoft Bing Bisa Diakses Lagi di China

Microsoft (Foto: Ubergizmo)

REDMOND, iNews.id - Microsoft Bing sempat hilang di China beberapa hari lalu. Namun, laporan terbaru menyatakan mesin pencarian Microsoft kini bisa diakses lagi di China.

Microsoft Bing tiba-tiba berhenti bekerja di China. Hilangnya Bing diduga karena DNS corruption, salah satu cara pemerintah China melakukan penyensoran website di China.

Mengetahui layanannya hilang di China, Microsoft pada saat itu langsung mengeksplorasi langkah selanjutnya. Hingga kini muncul laporan layanan telah kembali.

Menurut laporan terbaru dari Bloomberg, Bing sekarang bisa diakses lagi di China. Hilangnya Bing diduga bukan karena penyensoran tapi kesalahan teknis mengingat Microsoft telah mematuhi berbagai peraturan dan Undang-Undang di China.

Kembalinya Bing di China mendapat sambutan dari penduduk Negeri Tirai Bambu. Sebab, di Weibo banyak unggahan yang merayakan kembali mesin pencari Microsoft ini, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Sabtu (26/1/2019).

Sejauh ini, Microsoft merupakan salah satu perusahaan teknologi dari barat yang layanannya diizinkan untuk digunakan di Negeri Tirai Bambu. Google sebelumnya hengkang dari China tapi kabarnya raksasa mesin pencari ini ingin kembali ke sana.

Website dan layanan lain seperti Facebook, YouTube, dan Twitter juga dilarang secara resmi di China. Namun, banyak warga China yang mengakali Great Firewall (teknologi penyensoran) dengan menggunakan layanan VPN.


Editor : Dini Listiyani