Senjata Baru Twitter Berantas Pesan Ofensif di Platformnya

Dini Listiyani ยท Jumat, 16 Agustus 2019 - 13:27 WIB
Senjata Baru Twitter Berantas Pesan Ofensif di Platformnya

Aplikasi Twitter (Foto: Twitter)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Twitter melakukan penyaringan terhadap pesan langsung tak dikenal. Raksasa jejaring sosial berlogo burung biru baru saja mengungkapkan tengah menguji filter untuk pesan berisi konten ofensif.

Mengutip Engadget, Jumat (16/8/2019), pesan berisi kata-kata berpotensi mencurigakan akan disimpan di folder bertanda 'additional messages.' Selanjutnya, pengguna dapat memilih untuk melihatnya secara khusus.

Twitter telah membuat sejumlah usaha di tahun ini menggunakan teknologi untuk menandai tweet kasar tanpa perlu campur tangan manusia. Twitter juga menguji fitur hide replies dan membuatnya lebih mudah melaporkan tweet kasar.

Kendati demikian, sebagian besar penyalahgunaan di Twitter datang dalam bentuk direct messages (DM) dari orang asing. Banyak di antaranya mungkin tidak di-follow pengguna.

Jika akun Anda di-setup menerima DM dari siapa pun, Twitter akan memberikan pesan dari pengguna tak di-follow pada folder yang disebut 'quality filter.' Quality filter akan menghilangkan pesan yang didefinisikan berkualitas rendah dari folder message request.

Dengan begitu, Anda tidak dapat melihat pesan yang dicurigai, kecuali membatalkan opsi quality filter. Filter terbaru untuk konten sensitif dibuat oleh Twitter sedikit lebih menyenangkan.

Beberapa lines pesan yang dicurigai akan disembunyikan dan diganti dengan baris, 'This message is hidden because itu may contain offensive contenct.' Selanjutnya, Anda dapat memilih untuk melihat atau menghapusnya.

 


Editor : Dini Listiyani