Sering Terdistraksi, Ini 4 Cara Mudah Kurangi Main Media Sosial

Siska Permata Sari ยท Minggu, 02 Agustus 2020 - 22:26 WIB
Sering Terdistraksi, Ini 4 Cara Mudah Kurangi Main Media Sosial

Ada cara mudah kurangi main media sosial. (Foto: Boldsky)

JAKARTA, iNews.id - Media sosial menjadi salah satu hal yang penting di era digital seperti sekarang. Tak hanya sebagai sarana berkomunikasi secara daring, media sosial juga tempat saling berbagi informasi yang kurang terfilter.

Bagi sebagian orang, media sosial penting untuk sekadar berbagi cerita, informasi, maupun berinteraksi sosial. Namun di sisi lain, media sosial justru dapat mengganggu aktivitas maupun pekerjaan.

Apalagi jika Anda merasa kecanduan dalam membuka dan bermain media sosial. Tapi tenang saja, ada cara-cara mudah untuk mengurangi ketergantungan media sosial.

Bagaimana caranya? Simak informasinya seperti dirangkum dari PC Mag, Minggu (2/8/2020).

1. Lacak durasi yang Anda habiskan di media sosial

Anda mungkin merasa seperti terlalu banyak waktu yang dihabiskan di media sosial. Sebelum menyimpulkannya, Anda dapat mencari tahu dengan melacak durasi yang Anda habiskan di media sosial. Di iPhone, Anda dapat dengan mudah melihat Durasi Layar.

Tetapi, Anda juga bisa mencoba aplikasi RescueTime untuk melacak jumlah waktu yang Anda habiskan di berbagai situs dan aplikasi. Ini juga bisa membantu Anda memblokir situs yang menurutnya paling mengganggu bagi Anda.

2. Blokir situs media sosial atau hapus aplikasi

Cara berikutnya, Anda bisa memblokir situs media sosial lewat ekstensi browser yang sering Anda gunakan. Jika Anda ingin mengurangi waktu bermain media sosial di ponsel, cara paling mudah adalah menghapus aplikasinya secara langsung. Baik itu Facebook, Twitter, dan Instagram.

3. Aktifkan batas waktu di aplikasi

Beberapa aplikasi media sosial seperti Facebook dan Instagram mempunyai fitur untuk membatasi waktu dalam menggunakan media sosial tersebut. Fitur tersebut melacak berapa menit atau jam per hari Anda menggunakan masing-masing aplikasi itu. Fitur ini juga memberikan opsi untuk membatasi waktu.

Pengaturan ini disebut Set Daily Reminder. Di Instagram, ada di bawah Pengaturan> Aktivitas Anda> Setel Pengingat Harian. Di Facebook, cari Waktu Anda di Facebook di Pengaturan.

4. Nonaktifkan notifikasi

Tak jarang, orang terganggu dengan media sosial karena adanya notifikasi. Oleh karena itu, cara terakhir ini adalah Anda mengontrol sendiri notifikasi Anda agar tidak mengganggu. Sebaiknya, Anda menon-aktifkan notifikasi di aplikasi media sosial yang menurut Anda kurang penting atau tidak terhubung dengan pekerjaan dan tugas Anda.

Selamat mencoba!

Editor : Tuty Ocktaviany