Signal Kini Bisa Transfer Data ke iPhone Baru

Dini Listiyani ยท Rabu, 10 Juni 2020 - 18:45:00 WIB
Signal Kini Bisa Transfer Data ke iPhone Baru
Signal perkenalkan transfer data ke iPhone baru (Foto: Signal)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Signal terus memperbarui aplikasinya. Kali ini, aplikasi pesan terenkripsi memungkinkan penggunanya untuk transfer data akun ke iPhone atau iPad baru dari perangkat iOS lainnya.

Fitur transfer data diluncurkan dalam pembaruan aplikasi versi 3.9.1 pekan lalu. Tapi, perusahaan secara resmi mengumumkan fitur baru dalam postingan blog yang diterbitkan pada Selasa.

"Ini adalah pertama kalinya upgrade ke perangkat baru tanpa kehilangan informasi apa pun telah dimungkinkan di iOS," kata Signal yang dikutip dari The Verge, Rabu (10/6/2020).

Proses baru adalah upaya untuk menemukan keseimbangan antara kenyamanan dan keamanan. Proses ini dapat bekerja melalui QR code, yang dihasilkan perangkat baru Anda lalu pindai device lama.

Selanjutnya, perangkat Anda membuat koneksi Wifi langsung. Kemudian, Anda bisa mentrasfer data melalui jaringan lokal tanpa data yang pernah melewati server cloud pihak ketiga.

Karena transfer terjadi secara lokal, kata Signal, bahkan pemindahan besar dapat diselesaikan dengan cepat. Aplikasi perpesanan aman seperti Signal biasanya menyimpan percakapan di perangkat lokal karena risiko deskripsi yang dipaksa.

Tapi, ini telah menciptakan masalah lama mengenai cara transfer log antar perangkat tanpa berpotensi memaparkan semua percakapan yang dilakukan pengguna. WhatsApp, misalnya, dapat mencadangkan riwayat chat ke Google Drive atau iCloud tergantung pada perangkat Anda, tapi memperingatkan cadangan ini sekarang tidak dilindungi enkripsi end-to-end.

Cadangan iMessage bekerja dengan cara yang sama. Backup mereka dienkripsi jika Anda memilih untuk mencadangkannya ke server iCloud Apple. Tapi, Apple saat ini memegang kunci cadangan tersebut.

Fitur transfer iOS baru dari Signal mencoba untuk menawarkan kenyamanan, sambil tetap memegang kunci di tangan pengguna. Koneksi antara kedua perangkat dienkripsi end-to-end dan aplikasi akan menggunakan berbagai pemeriksaan untuk memastikan itu hanya menerima data yang diharapkan.

Editor : Dini Listiyani