Teknologi 5G Diprediksi Bikin Pasar Smartphone Kembali Bergairah

Dini Listiyani ยท Jumat, 11 Januari 2019 - 09:39 WIB
Teknologi 5G Diprediksi Bikin Pasar Smartphone Kembali Bergairah

Smartphone berteknologi 5G. (Foto: Phonearena)

CALIFORNIA, iNews.id - Pasar smartphone yang stagnan telah menjadi diskusi panas di antara para spesialis. Namun, beberapa ahli percaya nasib pasar smartphone bisa kembali bergairah di 2019.

Para ahli di ABI Research berpikir, 2019 bisa mengakhiri tren pasar smartphone yang stagnan. Alasannya tidak lain karena adanya dukungan jaringan 5G.

Lompatan generasi dalam segi teknologi jarang terjadi. Tapi 2019 ditetapkan sebagai tahun saat 5G akhirnya sampai ke tangan konsumen.

"Diharapkan 5G akan digunakan pada awalnya sebagai titik diferensiasi, tapi sebenarnya bisa menjadi peluru perak vendor smartphone menyematkan harapan mereka. Dengan 5G bertindak sebagai titik tumpu, pasar juga akan menyaksikan pengenalan faktor bentuk perangkat baru yang memanfaatkan sejumlah teknologi yang ditingkatkan, diaktifkan oleh isyarat yang diambil dari lingkungan, aplikasi, atau keadaan pengguna," katanya, sebagaimana dikutip dari Phone Arena, Jumat (11/1/2019).

Kini, mungkin banyak orang skeptis soal dampak 5G karena teknologi ini memakan waktu setidaknya hingga 2020 agar pemanfaatannya menjadi lebih luas.  Kendati demikian, para ahli berpikir 5G sebagai kuda putih akan memberikan dorongan terakhir yang melahirkan pembeli pontensial. Di sini perusahaan ingin paling sukses dan pelanggan peduli tentang teknologi baru, serta bangga mejadi pengadopsi awal.


Editor : Tuty Ocktaviany