Tencent Tarik Game PUBG dari China, Ini Alasannya

Dini Listiyani ยท Jumat, 10 Mei 2019 - 16:44 WIB
Tencent Tarik Game PUBG dari China, Ini Alasannya

Tencent akhirnya menarik game PUBG dari China. (Foto: Ibtimes)

BEIJING, iNews.id - PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) tampaknya kehilangan di salah satu pasar terbesar di dunia saat ini, China. Sebab, publisher game Tencent telah menarik PUBG sepenuhnya dari pasar China.

Melansir IBTimes, Jumat (10/5/2019), sejak battle royale game mulai diuji di China, penerbit PUBG, Tencent, telah dihadapkan oleh banyak tantangan regulasi dari pemerintah China. Setelah berbulan-bulan berjuang, tampaknya Tencent memilih menarik PUBG sepenuhnya dari pasar China.

Tantangan Tencent pertama kali dimulai pada 2017 saat pemerintah China merasa game terlalu keras untuk penonton di Negeri Tirai Bambu itu. Tencent akhirnya setuju, menskalakan kembali beberapa konten grafis game agar lebih sejalan dengan Undang-Undang sensor China.

Kendati demikian, setelah perubahan, Tencent tidak pernah bisa memonetisasi game dengan benar seperti di negara lain. China telah melakukan tindakan yang ketat terhadap peraturan game seperti PUBG sebagai upaya mengontrol jumlah game online baru dan membatasi waktu anak-anak di depan layar.

Setelah menarik game, Tencent menggantinya dengan Game for Peace, permainan yang dirancang serupa untuk PUBG. Namun, Game for Peace juga berfungsi sebagai sarana untuk mempromosikan dan merayakan Angkatan Udara China.

Game for Peace akhirnya disetujui untuk menetisasi pada April lalu. Tapi Tencent tidak ingin meninggalkan pemain PUBG, dan telah meyakinkan penggemar yang masuk ke Game for Peace, update akan membawa profile mereka ke level PUBG.


Editor : Tuty Ocktaviany