Terbuat dari Sel Induk Katak, Robot Hidup Ini Bisa Bereproduksi Sendiri

Dini Listiyani · Jumat, 03 Desember 2021 - 19:15:00 WIB
Terbuat dari Sel Induk Katak, Robot Hidup Ini Bisa Bereproduksi Sendiri
Terbuat dari Sel Induk Katak, Robot Hidup Ini Bisa Bereproduksi Sendiri (Foto: Douglas Blackiston/Sam Kriegman)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Pada 2020 ilmuwan meluncurkan pembuatan robot yang sangat kecil. Robot yang disebut sebagai xenobots ini terbuat dari sel induk seekor katak cakar Afrika. 

Xenobots, makhluk otonom kecil ini dirancang menggunakan kecerdasan buatan untuk menyerupai bentuk seperti Pacman dan dianggap sebagai robot dalam semua hal, kecuali satu hal. Eksperimen telah menunjukkan mereka sebenarnya bisa bergerak dan bekerja bersama dan bahkan menyembuhkan diri mereka sendiri. 

Kemampuan robot ini membuat mereka berpotensi berguna di masa depan untuk aplikasi seperti membersihkan mikroplastik dari laut, atau dalam pengobatan regeneratif. Tapi, penemuan terbaru oleh tim yang menciptakan xenobots telah menunjukkan robot sekarang dapat bereproduksi sendiri dengan cara yang tidak seperti organisme hidup lainnya.

Robot itu bisa bereproduksi dengan mengumpulkan sel-sel liar dan membentuk xenobot yang sama sekali baru. Biasanya, organisme hidup berkembang biak melalui perkawinan dan melahirkan keturunan baru, atau bahkan kloning, sebagaimana dikutip dari Mashable. 

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: