Tips Terhindar dari E-mail Phishing Virus Corona, Jangan Asal Klik Link

Okezone ยท Kamis, 23 April 2020 - 23:05 WIB
Tips Terhindar dari E-mail Phishing Virus Corona, Jangan Asal Klik Link

Ilustrasi (foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi virus corona (Covid-19) dimanfaatkan aktor jahat untuk meraup keuntungan. Google mengungkapkan salah satu kejahatan yang umum terjadi yakni e-mail phishing.

Kejahatan online semakin meningkat di tengah pandemi Covid-19. Mengingat, masyarakat di seluruh dunia tengah beralih pada layanan online agar tetap terhubung dengan keluarga atau pekerjaan.

Di antara kejahatan online yang ada, Google melihat e-mail phishing yang paling banyak. Modusnya, hacker mengirimkan situs dengan informasi virus corona via e-mail. Situs tersebut mengandung malware yang dapat membahayakan data pribadi target seperti password hingga akun bank.

Supaya terhindar dari email kejahatan email phishing, Google mengungkap pengguna jangan terburu-buru mengklik link tentang virus corona. Kemudian, waspadai ketika email meminta informasi pribadi seperti alamat rumah atau informasi bank.

Di samping email, scammers juga dapat menggunakan pesan teks, panggilan otomatis dan situs web berbahaya untuk menghubungi korban. Situs mungkin menawarkan pembersih tangan atau masker wajah, namun barang tidak pernah datang.

Memang di tengah pandemi sekarang ini informasi terkait virus corona banyak dicari. Bahkan email kerap kali mengatasnamakan organisasi resmi seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Untuk itu, kunjungi langsung sumber-sumber resmi seperti WHO.int atau CDC.gov untuk mendapatkan informasi faktual terbaru tentang COVID-19.

Editor : Dini Listiyani