Awas, Perintah Jahat Siri Bisa Disembunyikan dalam Musik

Dini Listiyani ยท Minggu, 13 Mei 2018 - 09:20 WIB
Awas, Perintah Jahat Siri Bisa Disembunyikan dalam Musik

Awas, Perintah Jahat Siri Bisa Disembunyikan dalam Musik (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id - Memiliki perangkat yang selalu mendengarkan perintah suara memang menguntungkan. Tapi di balik keuntungan tersebut, ada kerugian yang bisa dialami oleh pengguna.

Para peneliti di Amerika Serikat (AS) dan China telah melakukan tes baru. Tes tersebut ditujukan untuk menunjukkan perintah tersembunyi atau tak didengar manusia yang berdampak pada asisten AI seperti Siri, dan memaksa mereka melakukan tindakan yang tidak pernah diperintahkan.

Penelitian yang disoroti The New York Times menunjukkan, perintah subliminal (pesan tersembunyi yang disisipakan pada media tertentu) ini bisa menghubungi nomor telepon, membuka situs web, dan tindakan berbahaya jika jatuh ke tangan yang salah.

Dalam sebuah paper penelitian yang diterbitkan bulan ini, sekelompok mahasiswa dari University of California, Berkeley, dan Georgetown University menyatakan, mereka bisa menanam perintah dalam rekaman musik atau teks lisan.

Saat dimainkan di dekat Amazon Echo atau iPhone, seseorang hanya akan mendengarkan lagu atau orang berbicara, tapi Siri dan Alexa bisa mendengarkan instruksi untuk menambahkan sesuatu ke perintah mereka, seperti dilaporkan 9to5Mac, Minggu (13/5/2018).

Tahun lalu, para peneliti di Princeton dan China’s Zhejiang University melakukan tes serupa. Dalam teknik yang dijuluki DolphinAttack, para peneliti membangun pemancar untuk mengirim perintah tersembunyi yang memutar nomor telepon tertentu, sedangkan tes lain mengambil gambar dan mengirim pesan teks.


Editor : Dini Listiyani