Waspada, Bug Black Dot Bisa Bikin iPhone Hang

Dini Listiyani ยท Sabtu, 12 Mei 2018 - 16:30 WIB
Waspada, Bug Black Dot Bisa Bikin iPhone Hang

Waspada, Bug Black Dot Bisa Bikin iPhone Hang (Foto: YouTube)

CUPERTINO, iNews.id - Black dot atau titik hitam tampaknya tidak hanya membuat WhatsApp Android crash, tapi juga iPhone nge-hang. Bahkan, bug tersebut berdampak lebih buruk bagi pengguna perangkat iOS.

Beberapa waktu lalu, heboh berita soal rangkaian kode berisi beberapa ribu karakter tak terlihat selain emoji titik hitam menyebabkan WhatsApp Android tidak responsif. Bug Unicode yang sama ternyata juga bisa memengaruhi iPhone.

Di Android, black dot bisa membekukan WhatsApp saat Anda mengetuknya, tapi pada iPhone dan iPad akibatnya bisa lebih buruk. Bug bisa merusak aplikasi Messages pada iOS dan bahkan tidak perlu mengetuk emoji yang masuk untuk memicu kekacauan tersebut.

Dikutip iNews.id dari Slash Gears, Sabtu (12/5/2018), untuk memperbaiki masalah ternyata tidak bisa hanya dengan menutup aplikasi. Anda harus menghapus pesan untuk memulihkan fungsi aplikasi Messages.

Tapi, untuk melakukan itu, Anda harus masuk ke perangkat yang berbeda dan menghapus seluruh thread. Sedangkan, untuk membuka kembali Messages di layar New Message, perbaikannya melibatkan penggunaan 3D Touch di iPhone.

Setelah itu, Anda akan menemukan daftar pesan utama dan menghapus thread yang merusak aplikasi. Apple diperkirakan memperbaiki bug pada rilis iOS mendatang.

Tapi, untuk saat ini cara tersebut diklaim berfungsi pada semua versi iOS yang tersedia di luar sana, termasuk rilis beta terbaru. Channel YouTube EverythingApplePro menunjukkan bug dalam aksi dan perbaikannya.


Editor : Dini Listiyani